Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lemkapi: Polwan Sangat Layak Pimpin Polda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Minggu, 20 Agustus 2017, 18:51 WIB
Lemkapi: Polwan Sangat Layak Pimpin Polda
Edi Hasibuan/Net
rmol news logo Wacana Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk memberikan jabatan kapolda kepada Polisi wanita (Polwan) menuai apresiasi dari Lembaga Pusat Kajian Kepolisian (Lemkapi). Terlebih saat ini ada 4 Polwan yang memiliki pangkat bintang satu.

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan menjelaskan bahwa Polri sudah lama tidak menunjuk Polwan sebagai kapolda. Terakhir, jabatan kapolda perempuan dijabat oleh Brigjen Rumiah di Banten tahun 2010.

Dari segi kapabilitas, lanjutnya, Polwan layak memimpin Polda. Terlebih, Polwan lebih sulit didekati oleh para pelaku KKN. Selain itu, Polwan juga lebih cerewet dalam memimpin tapi tegas dalam tugas.

Namun demikian.polri saat ini membutuhkan polwan yg betul2 tangguh dalam bekerja. termasuk tangguh untuk siap melawan intervennsi dan godaan dari luar.

"Polwan memiliki kateristik kinerja lebih rapih dan tertib dari polisi lelaki. Jadi Polwan layak menduduki kapolda tipe A alias bintang dua," urainya dalam keterangan tertulis kepada redaksi.

Edi kemudian mencontohkan salah satu Polwan yang memiliki kinerja bagus, yaitu Irjen Basaria Panjaitan. Atas kinerja yang tunjukkan, Basaria kini dipercaya menjadi wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai pensiun dari Kepolisian.

"Ibu Basaria. kita lihat sangat tangguh di kpk," kata doktor ilmu hukum Universitas Borobudur ini.

Dalam catatan Lemkapi, saat ini ada sebanyak 4 Polwan yang berpangkat bintang satu. Mereka di antaranya Brigjen Pol Ida Oetari yang kini di Lemdiklat Polri, Brigjen Pol Sri Handayani sebagai Kasetukpa Polri,  Brigjen Pol Juarsih di BNN, dan Brigjen Nur Afiah MH di Widyaswara Madia Sespim Polri. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA