Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

7 Amanat Jenderal Gatot Di HUT Ke-71 TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 05 Oktober 2016, 13:45 WIB
rmol news logo Bakti TNI kepada masyarakat tidak perlu diragukan lagi.

"Publik menilai, kami solid dan terpercaya. Guna meneguhkan hati, jiwa TNI," kata Panglima TNI Jendrral TNI Gatot Nurmantyo dalam amanatnya di upacara peringatan HUT ke-71 TNI, Cilangkap, Rabu (5/10).

Dalam HUT ke-71 TNI yang bertema 'Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian' ini, Gatot pun berpesan kepada seluruh prajurit untuk tetap mengayomi masyarakat.

Setidaknya ada tujuh amanat Gatot selaku panglima TNI kepada jajaran prajuritnya. Pertama, pertama tingkatkan keimanan pada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral, kehidupan prajurit, berbangsa, dan bernegara.

Kedua, TNI merupakan garda terdepan dalam membela negara. Jika TNI kalah, maka otomatis Indonesia akan bercerai berai.‎ Tugas TNI membuat tegak runtuhnya bangsa. Maka tempatkan tugas di atas segala-segalanya, kehormatan dan kebanggaan.

Ketiga, seluruh prajurit TNI menjunjung tinggi kesatuan bangsa, kedaulatan Indonesia, dan berpegang pada Pancasila 1945.

Keempat, pegang teguh sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI, dan hak asasi manusia.

‎Kelima,  seluruh prajurit tetap mematuhi perintah atasan.‎

"Bina soliditas satuan, tegakkan rantai komando di setiap rantai sehingga tegak lurus dan tegas," tegas Gatot.

Keenam, Gatot meminta agar prajurit selalu hadir di tengah-tengah anggota TNI dan masyarakat memberikan kontribusi positif.

"Selalu berinovasi dengan ilmu pengetahuan sehingga mampu mengantisipasi yang nampak dan tidak, demi berbangsa dan bernegara," jelas Gatot.

Ketujuh, Gatot juga memberikan atensinya terhadap pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 2017 mendatang.‎

"Menyikapi Pilkada serentak, saya perintahkan TNI dan prajurit, wajib netral. Setiap prajurit dan institusi pantau perkembangan situasi di lingkungannya. Lapor cepat kalau ada indikasi anggota mengganggu menggagalkan pilkada," demikian Gatot.[wid]


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA