Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri Bahas Terorisme Dengan Kepolisian Srilangka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 03 Oktober 2016, 23:06 WIB
Kapolri Bahas Terorisme Dengan Kepolisian Srilangka
rmol news logo Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian melakukan kunjungan ke Srilangka dalam rangka menghadiri the 150th anniversary of Srilanka police confrence for the high rangking police officials.

Jenderal bintang empat itu berkunjung ke markas besar kepolisian Srilanka diterima oleh kepala polisi Srilanka Inspector General of Police Pujith Jayasundara. Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja bilateral pertama Kapolri sejak dilantik.

Kepolisian Sri Lanka sangat mengapresiasi kunjungan Kapolri, dan menyambut baik kunjungan ini yang menandakan adanya keinginan untuk mempererat hubungan. Dalam pertemuan itu Kepolisian Srilangja ingin belajar dari Polri terkait penanganan terorisme oleh Densus 88 dan pengamanan kamtibmas yang baik dan lainnya.

Dalam pertemuan tersebut kedua kepala kepolisian berbagi informasi terkait situasi masalah dan penanganan terorisme di negara masing-masing. Kapolri menyampaikan bahwa secara khusus terkait adanya ancaman ex LTTE yang masuk ke Indonesia sbg pengungsi atau pencari suaka, yang terus dimonitor oleh Polri.

"Perlu komunikasi yang intensif untuk sharing informasi terkait isu ini khususnya bantuan SLP dalam mengidentifikasi individual yang dicurigai," jelas Kapolri dalam rilisnya, Senin (3/10).

Selain itu, Kapolri menyatakan bahwa letak Indonesia yang strategis sebagai negara transit oleh sindikat penyelundupan manusia.

Dalam pertemuan, kedua kepala kepolisian sepakat untuk meningkatkan kerja sama kepolisian, khususnya dalam bidang terorisme, people smuggling dan kejahatan transnasional lainnya. Selain itu daam rangka mempererat hubungan, pihak Polri menegaskan pentingnya kerja sama dalam pengembangan kapasitas personel masing-masing kepolisian, dan membuka kesempatan bagi SLP untuk mengikuti pelatihan maupun kursus di JCLEC Semarang dan Sespimmen.

Kapolri juga secara langsung mengundang Kapol SL untuk menghadiri Sidang Umum Interpol 7-10 November 2016 di Bali. Kapolri menegaskan bahwanya hubungan baik dan lebih pribadi dengan diantara personel kepolisian sangat penting dalam mempermudah koordinasi.

Dengan alasan itu dalam pertemuan tersebut, Kapolri mengajak Kadensus dan Dirtipidum sebagai anggota delegasi terkait penanganan kedua isu utama diatas, dalam rangka memotong rantai birokrasi yang panjang. Mengingat koordinasi kepolisian perlu kecepatan, ketepatan dan mendapat atensi langsung dari pimpinan satuan tugas masing-masing. [wah]  

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA