Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prajurit TNI Bersama Masyarakat Tanam Padi Serempak Di Sulbar

Selasa, 20 September 2016, 17:15 WIB
Prajurit TNI Bersama Masyarakat Tanam Padi Serempak Di Sulbar
Foto: Puspen TNI
rmol news logo Prajurit Korem 142/Taroada Tarogau (Tatag) bersama masyarakat menanam padi di lahan sawah baru milik kelompok Tani Berlanjut 1 seluas 900 Ha, di Desa Batu Panga Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Senin (19/9).
 
Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Inf Bedali Harefa mengatakan bahwa penanaman padi bersama ini sesuai perintah Presiden Jokowi kepada Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo untuk mencanangkan swasembada pangan khususnya padi, jagung dan kedelai sejak tahun Februari 2015 lalu di Pangkalan Bun.

"Kegiatan penanaman padi tersebut dapat mendukung ketahanan pangan dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional yang berkelanjutan," ujarnya di Mabes TNI, Cilangkap, Jaktim.

Menurut Kolonel Inf Bedali Harefa, pemerintah sudah maksimal dan peduli dengan petani, memfasilitasi kebutuhan para petani dengan memberikan bantuan alat mesin pertanian, pupuk dan obat-obatan untuk pengendali hama hingga bantuan percetakan sawah baru.

"Apa yang diharapkan pemerintah dalam menyukseskan program swasembada pangan bisa terwujud dan terlaksana secara optimal," pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Resimen (Danrem) 142/Tatag Kolonel Inf Tandyo Budi R mengatakan, melalui kegiatan tanam serempak ini menjadi momentum yang tepat guna menyukseskan swasembada pangan, terutama dalam memberikan solusi mengenai berbagai kendala yang berkaitan dengan ketahanan pangan yang dihadapi saat ini.

Dalam kesempatan itu, Kolonel Inf Tandyo Budi pun mengucapkan terima kasih kepada dinas terkait, PPL atas kerja samanya dengan Kodim 1402/Polmas sehingga program tanam padi serempak bisa terlaksana dengan baik.

"Target  900 hektar sawah di wilayah Polewali Mandar saat ini sudah mencapai 839 hektar dengan berbagai hambatan di lapangan. Semua itu dapat terlaksana dengan baik atas kerjasama Dinas Pertanian dan Kodim 1402/Polmas," tandasnya.

Turut hadir dalam tanam padi serempak, Wakil Bupati Polman Ir Nasir Rahmat, Dandim 1402/Polmas Letkol Kav I Made Bagus Suraputra, Kapolres Polman AKBP Adiwijaya S.I.K, Kadis Pertanian Kab Polman serta Ketua Persit KCK Koorcabrem 142 dan Pengurus Persit Kodim 1402/Polmas, para Babinsa, PPL dan Petani.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA