Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wadirlat Latgabma Malindo Cek Perlengkapan Latihan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 29 Juli 2016, 13:56 WIB
Wadirlat Latgabma Malindo Cek Perlengkapan Latihan
foto :puspen tni
rmol news logo Wakil Direktur Latihan (Wadirlat) Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Malaysia-Indonesia (Malindo) Dasarsa-9 AB/2016, Brigjen TNI Agus Suhardi bersama Panglima Angkatan Bersama (PAB) Malaysia Lt Jen Dato Shahrani bin Mohd Sany mengecek kesiapan perlengkapan latihan di Kuala Kemaman, Malaysia, Kamis (28/7).

Kedua jenderal itu di antaranya meninjau Rumah Sakit Lapangan TNI dan ATM sekaligus mengecek perlengkapan yang akan digunakan dalam Latgabma Malindo Dasarsa-9 AB/2016, seperti tenda ball pompa, kompresor, meja periksa, section, monitor, lampu periksa, tiang infus, meja obat, lemari obat, set minor, meja instrument, tromol 40 cm, pispot, urinal, tensi meter, stestokop, timbangan dewasa, kursi roda, tandu serba guna, dan perlengkapan kesehatan lainnya.
 
Menurut Brigjen TNI Agus Suhardi, Latgama Malaysia-RI berlangsung tiga tahun sekali, sejak tahun 2013. Pelaksanan latihan ini adalah untuk menguji prosedur tetap yang sudah dirancang bersama yaitu Protap 17 mengenai Operasi Gabungan Bersama Malaysia-Indonesia tentang Penanggulangan Bencana serta Protap 19 mengenai Prosedur Penanggulangan Bencana.

"TNI dan tentara Malaysia kita padukan bersama bagaimana kita membuat organisasi, sehingga pelaksanaan bantuan tersebut bisa berjalan dengan maksimal sesuai dengan yang diharapkan," kata Brigjen TNI Agus Suhardi seperti rilis Puspen TNI.
 
Di tempat terpisah, masing-masing bagian juga mempersiapkan perlengkapan untuk menunjang kesuksesan Latgabma Malindo Darsasa-9 AB/2016, di antaranya Satkomlek memasang Repiter di empat titik yaitu Pegunungan Kemuning, Tanjung Gelang, Kuantan dan Kapal KRI serta Radio Link di Kemaman, termasuk Mobil Komsat (berhubungan langsung dengan Satelit) untuk pengiriman gambar secara langsung (Live) ke Pusdalops.
 
Sementara itu, untuk kegiatan Zeni di antaranya CPX (Command Post Exercise), konstruksi pemasangan jembatan dan perbaikan jalan serta Nubika (dekontaminasi) didahului dengan pelatihan penggunaan simulasi Batteletek IV, FIT (Force Integration Training) dengan materi mengenai mekanisme latihan, pengenalan jembatan ponton dan alat berat Jurutera ATM serta FIT Nubika berupa pengenalan alat-alat Nubika Zeni AD dan ATM, FTX (Field Training Exercise).[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA