Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Indonesia Jangan Cuma Jadi Konsumen Alutsista

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 21 Juli 2016, 02:28 WIB
Jokowi: Indonesia Jangan Cuma Jadi Konsumen Alutsista
joko widodo
rmol news logo Presiden Joko Widodo meminta proses pengadaan alat utama sistem persenjataan alias Alutsista TNI dilakukan secara transparan.

Presiden juga menginstruksikan agar segala alutsista yang dibeli benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan negara.

Hal itu ia sampaikan dalam rapat terbatas mengenai pengadaan alutsista di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu sore (20/7).

"Ingin saya sampaikan bahwa semuanya ini agar ada transparansi yang betul-betul terbuka. Masukan-masukan dari seluruh matra, Panglima TNI, Kemenhan, semuanya sehingga betul-betul yang kita beli, yang kita rencanakan ini, memang sebuah kebutuhan dan bukan keinginan semata," ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden mengarahkan agar pembelian alutsista tersebut juga disertai dengan transfer teknologi pada industri pertahanan nasional. Hal tersebut dimaksudkan agar Indonesia tidak menjadi konsumen semata.

"Pengembangan industri pertahanan nasional harus betul-betul mengarah pada kemandirian pemenuhan kebutuhan alat peralatan pertahanan dan keamanan kita," ucap Presiden.

Sebelumnya, pada kesempatan itu Jokowi menyampaikan keinginanannya agar kerangka modernisasi TNI sudah dapat terlihat dan benar-benar nyata di tahun 2019.

Modernisasi tersebut terdiri dari tiga kerangka penting yang harus diwujudkan. Ketiganya sejalan dengan Rencana Strategis Kekuatan Pokok Minimum 2024. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA