Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua DPR: Kematian Santoso Tak Memutus Jaringan Terorisme

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 19 Juli 2016, 18:26 WIB
rmol news logo Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid berharap tewasnya gembong teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Santoso alias Abu Wardah dapat menurunkan penyebaran paham terorisme di negeri ini sehingga aksi teror tidak akan terjadi lagi dimasa-masa akan datang.

Harapan yang sama juga dikemukakan Ketua DPR RI, Ade Komarudin. Namun demikian, dia mengakui,  kematian Santoso belum bisa memutuskan jaringan terorisme di Indonesia.

"Saya pastikan tidak (putus jaringan teroris). Urusan terorisme bukan seperti vaksin tadi. Kita harus tahu akar masalahnya dimana," katanya ketika ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (19/7).

Sebab menurut dia, pemberangusan paham terorisme bukan hanya dengan pendekatan aspek keamanan semata.  Tapi juga harus dibarengi dengan upaya dari aspek-aspek lain seperti ideologi, pendidikan, dan agama.

"Misalnya pandangan agama di pesantren-pesantren harus dipastikan pandangan yang untuk Islam. Tidak boleh pandangan agama radikal. Karena semua agama mengajarkan perdamaian," kata pria yang karib disapa Akom ini mencontohkan.

Meski begitu, Akom tetap mengapresiasi kinerja kepolisian yang berhasil menewaskan Santoso.

"Kami apresiasi Pak Tito (Kapolri) dan jajarannya yang dapat menangkap santoso dengan elegan," tutupnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA