Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pulau Damar Jadi Pusat Latihan Tempur Dan Konservasi Ekosistem Korps Marinir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 02 Juni 2016, 08:06 WIB
Pulau Damar Jadi Pusat Latihan Tempur Dan Konservasi Ekosistem Korps Marinir
rmol news logo . Pulau Damar yang memiliki luas sekitar 37 hektar dan terletak di gugusan kepulauan Seribu, kini secara resmi telah menjadi tempat Pusat Latihan Tempur Korps Marinir TNI-AL dan juga sebagai Pusat Konservasi Ekosistem.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Marinir Buyung Lalana pada hari Rabu, (1/6), yang dihadiri Danpasmar-2 Brigjen TNI Marinir Hasanuddin, Kepala Taman Nasional Kepulauan Seribu serta para pejabat utama Korps Marinir lainnya.

"Di pulau Damar ini akan dijadikan tempat latihan Marinir dan juga dijadikan tempat konservasi ekosistem seperti terumbu karang, manggrove, hutan dan habitat lainnya, sehingga kelestarian di Kepulauan Seribu semakin terjaga," ujar Dankormar Mayjen TNI Buyung Lalana.

Seperti yang sudah diketahui, sejak tahun 2015 TNI AL, khususnya Korps Marinir telah melakukan penanaman lebih dari satu juta bibit terumbu karang di berbagai daerah dengan luas sekitar 100 hektar yang berada di 51 lokasi dengan 243 titik penanaman.

Menurut data Kementrian Kelautan dan Perikanan, saat ini hanya 30 persen terumbu karang di Indonesia yang masih baik, sisanya rusak atau rusak berat. Untuk itu Korps Marinir tengah gencar melakukan penanaman Terumbu Karang melalui program Save Our Littoral Life.

Tak hanya soal terumbu karang, TNI AL juga berencana akan melakukan program terkait dengan hutan bakau. Ini sebagai salah satu bentuk dari visi Presiden Jokowi yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. [ysa]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA