Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

795 Taruna/I Akademi TNI-Polri Sambangi Sarang Petarung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 17 Mei 2016, 09:49 WIB
795 Taruna/I Akademi TNI-Polri Sambangi Sarang Petarung
foto :dipenal
rmol news logo Sebanyak 795 taruna taruni TNI-Polri mengunjungi sarang petarung Korps Marinir di Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya.

Kedatangan para taruna raruni di Bhumi Marinir Karangpilang, kemarin (Senin, 16/5) itu disambut langsung Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman. Kedatangan mereka dalam rangka kegiatan Bhineka Eka Bhakti (BEB) Tahun 2016 yang menitikberatkan pada pengetahuan dan wawasan para taruna dan taruni tentang ciri khas suatu satuan, tugas dan fungsi dari tiap-tiap Satuan operasional TNI dan Polri.

Selain itu peninjauan alutsista dan demonstrasi atau peragaan latihan, yang nantinya dapat menjadi bekal untuk meningkatkan kompetensi dan daya pikir Taruna dan Taruni untuk mencapai profesionalisme yang memiliki keahlian expertise ketarunaan, responsibility dan jiwa korsa atau lebih dikenal dengan Esprit De Corps.

Kedatangan ratusan taruna dan taruni itu dipimpin oleh Komandan Resimen Candradimuka Akademi TNI Kolonel Inf Joko Handoko dengan didampingi oleh Kepala Detasemen (Kaden) Taruna Akademi Kepolisian AKBP Anom beserta para pembimbing dari Akademi TNI dan Akademi Kepolisian.

Dalam kunjungan mereka, para taruna taruni itu berkesempatan menyaksikan demonstrasi mountaineering oleh prajurit Yontaifib-1 Mar kemudian dilanjutkan dengan tour facility dari Yontaifib-1 Mar menuju Indoor Sport untuk menerima pengarahan Komandan Pasmar-1.

Danpasmar-1 dalam sambutannya mengatakan, kegiatan BEB dilaksanakan untuk membekali para taruna/i tentang tugas serta fungsi satuan-satuan TNI-Polri. Di sisi lain, lanjut Danpasmar-1, kegiatan ini juga bertujuan untuk membuka wawasan, pandangan dan pemahaman serta penghayatan para taruna/i tentang identitas, ciri khas dan jati diri satuan-satuan TNI dan Polri.

Lebih lanjut, orang nomor satu di jajaran Pasmar-1 tersebut menambahkan, disamping tujuan-tujuan di atas, terpenting dari kegiatan BEB untuk menumbuhkembangkan jiwa dan semangat integrasi guna menjalin kebersamaan serta kekompakan antara TNI dan Polri.

Usai memberikan sambutan, Danpasmar-1 memaparkan Tugas Pokok Korps Marinir kepada para taruna/i Akademi TNI/Polri, dilanjutkan dengan pemutaran film Profil Korps Marinir, sesi tanya jawab serta tukar menukar cindera mata.

Demonstrasi lain yang juga disuguhkan dalam kegiatan BEB antara lain Haka-haka oleh prajurit Pasmar-1, gelar BTP Pasmar-1, terjun payung oleh prajurit Batalyon Taifib-1 Marinir, ketangkasan dalam kesenjataan infanteri, jumping BMP-3F oleh prajurit Resimen Kavaleri-1 Marinir dan Gerakan Artileri Medan (Gam) oleh prajurit Resimen Artileri-1 Marinir, serta tarian Gemu Famire yang dilakukan prajurit Pasmar-1.[wid] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA