Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendagri Ingin Antisipasi Konflik Sosial Seperti Di Masa Orba

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 23 Februari 2016, 12:28 WIB
rmol news logo Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengaku ingin antisipasi konflik sosial, termasuk yang bernuansa agama, bisa dilakukan seperti di masa awal pemerintahan Orde Baru.

"Kami mau (penanganan konflik sosial) itu seperti di zaman awal Orba. Jadi dulu, setiap gelas pecah di salah satu rumah saja itu langsung unsur Muspida rapat. Langsung dicari siapa yang bawa gelas, gelas di rumah siapa, siapa yang pecahin. Implikasinya apa? Ya semua masalah diantisipasi dengan baik," urai Tjahjo, saat memberi sambutan di Kongres Nasional Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan, di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (23/2).

Karena itu, Tjahjo berharap agar seluruh pemerintah daerah bergerak cepat jika ditemukan gerakan yang mengarah pada konflik sosial, yang berdampak besar maupun kecil. Apalagi, saat ini setiap kepala daerah menerima dana taktis.

"Sekarang tiap kepala daerah ada dana taktis. Jadi harus bisa antisipasi dengan baik. Eskalasi pelanggaran HAM meningkat. Kontrol dan langkah yang cepat perlu dilakukan,"demikian Tjahjo. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA