Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

5 Amanat Jokowi Di HUT Ke-44 KORPRI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 30 November 2015, 13:35 WIB
5 Amanat Jokowi Di HUT Ke-44 KORPRI
foto :puspen penum TNI
rmol news logo Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bertindak memimpin upacara HUT ke-44 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) 2015 di lapangan Mabes TNI AU Cilangkap, Jakarta Timur, pagi tadi (Senin, 30/11).

"Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, mengucapkan selamat memperingati hari ulang tahun Ke-44 kepada segenap keluarga besar KORPRI di seluruh tanah air dan dimanapun Saudara-saudara berada baik yang menjalankan tugasnya di kota-kota besar, di desa-desa, di seluruh pelosok tanah air, hingga yang bertugas melayani masyarakat di daerah pedalaman, pulau terdepan maupun di kawasan perbatasan, demikian juga yang saat ini sedang menjalankan tugasnya di luar negeri," kata Panglima TNI membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo.

Lanjut Jokowi, 44 tahun bukan usia yang singkat dan pemerintah merasa bangga karena KORPRI terus berusaha untuk menguatkan eksistensinya, terus meningkatkan kompetensi dan kinerjanya dalam melayani masyarakat.

"Memang tidak mudah, namun kesungguhan saudara-saudara untuk terus-menerus mengusahakan hal tersebut akan membuahkan hasil dan manfaat," kata Presiden.

Ia yakin para anggota KORPRI sanggup melaksanakan tuntutan masyakat terhadap pelayanan publik yang semakin cepat, mudah, terjangkau dan terukur.  

Lebih lanjut Presiden RI mengatakan bahwa selama satu tahun pemerintahannya banyak hal sudah dilakukan, antara lain mendorong transformasi fundamental ekonomi Indonesia melalui kebijakan mengubah ekonomi berbasis konsumsi ke ekonomi berbasis produksi; mengakselerasi program tepat sasaran untuk pengentasan kemiskinan; serta mendorong pembangunan yang lebih merata di luar pulau Jawa.

"Pembangunan infrastruktur jalan, pelabuhan, bandara udara, penyeberangan perintis, tol laut dan lain sebagainya terus kita pacu. Demikian juga upaya mewujudkan swasembada pangan melalui pembangunan bendungan baru, penyediaan teknologi, pendampingan pertanian, pembangunan jaringan irigasi teknis dan pencetakan sawah baru, terus kita kerjakan tanpa lelah.

Pemerintah juga tidak pernah berhenti memperhatikan penegakkan hukum, termasuk penegakkan hukum di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Dan yang tidak kalah penting, Pemerintah juga terus mendorong pembangunan karakter bangsa.

"Saya berharap kerja keras itu akan memberikan fondasi bagi kita semua untuk terus melangkah, serta tetap optimis dalam menghadapi berbagai tantangan masa depan yang makin berat dan kompleks. Langkah pertama seringkali yang tersulit, tetapi juga yang terpenting," ujar presiden.

Pada kesempatan Hari Ulang Tahun ke-44 KORPRI ini,  Jokowi juga meminta untuk memperhatikan lima amanatnya. Pertama, lakukan percepatan reformasi birokrasi di semua tingkatan. Kedua, bangun mentalitas baru yang positif, yang berintegritas, yang memiliki ethos kerja, dan yang berjiwa gotong royong.

"Bongkar pola pikir dan mentalitas-mentalitas lama yang negatif. Jadikan revolusi mental sebagai gerakan bersama seluruh anggota KORPRI, bukan sebatas program atau proyek yang digerakkan oleh anggaran," jelasnya.

Ketiga, persiapkan diri menuju birokrasi yang dinamis, inovatif dan responsif terhadap perkembangan zaman. Keempat, jaga netralitas anggota KORPRI dalam pesta demokrasi, khususnya Pemilu Kepala Daerah yang akan digelar akhir tahun ini.

"Saya mengharapkan saudara-saudara benar-benar menjaga netralitas serta tidak menggunakan fasilitas pemerintah untuk kepentingan kampanye Pemilukada tersebut," pesannya.

Terakhir Presiden berpesan agar semua aparatur birokrasi harus menjadi motor penggerak produktifitas nasional dan daya saing bangsa.

"Kita telah memasuki era baru, era persaingan yang bukan lagi antar daerah, antar kota ataupun antar provinsi, tetapi sudah memasuki persaingan antar negara," ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Presiden menyampaikan agar segenap anggota KORPRI konsisten melaksanakan amanat ini demi kejayaan bangsa dan negara menuju terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong.[wid] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA