Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratusan Kowal Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 16 November 2015, 19:12 WIB
Ratusan Kowal Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Kalibata
rmol news logo Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kapusrehab Kemhan RI) Laksamana Pertama TNI Dr. Janti Undari, M.K.K., M.Si (Han) memimpin ratusan Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) wilayah Jakarta melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (16/11).

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut hari jadi Kowal ke-53, yang puncak peringatannya akan digelar pada 5 Januari 2016 mendatang. Acara itu dilakukan dengan upacara militer di Lapangan Apel Mako Kolinlamil yang dirangkaikan acara tradisi dan tasyakuran di atas geladak KRI Banda Aceh-593 yang akan sandar di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara.  

Seperti tertulis dalam keterangan resmi yang dikirim ke redaksi, upacara tabur bunga dimulai dengan penghormatan dan mengheningkan cipta yang dirangkaikan dengan peletakan karangan bunga oleh  Laksamana Pertama TNI Dr. Janti Undari, M.K.K., M.Si (Han).

Upacara tabur bunga ini dilakukan secara khidmat dan sederhana yang diawali dengan penghormatan di TMPN dipimpin oleh pimpinan ziarah kemudian dilanjutkan dengan doa bersama.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan tabur bunga di makam para pahlawan kusuma bangsa yang telah menorehkan tinta emas dalam perjalanan sejarah Kowal demi kedaulatan dan kejayaan NKRI, khususnya makam Laksamana Laut (Purn) R.E Martadinata, Laksamana TNI (Purn) H.M.Soedomo, Laksamana TNI (Purn) M. Arifin, Laksamana TNI (Purn) R. Moeljadi, Laksamana TNI (Purn) Waloejo Soegito, Letkol Laut (Purn) Barnetje Tuegeh, dan Ibu Hasri Ainun Habibie.

Tabur bunga tersebut diawali oleh pimpinan ziarah diikuti ratusan Kowal secara serentak, berbaur menghampiri pusara makam para kusuma bangsa tersebut seraya memanjatkan doa serta menaburkan bunga.

Sebelum meninggalkan TMPN Kalibata,  Laksamana Pertama TNI Dr. Janti Undari, M.K.K., M.Si (Han) bersama rombongan berkesempatan mengisi buku tamu dan membubuhkan tanda tangan pada buku tamu Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Sementara itu, dalam rangka menyambut HUT ke-53 Kowal tahun 2015, selain melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata, panitia juga akan menggelar olahraga bersama yang akan berlangsung di Lapangan Apel Mabes TNI AL Cilangkap.

Menurut Pati Kowal berbintang satu itu, kegiatan memperingati HUT ke-53 Kowal merupakan salah satu bentuk kebanggaan tentara wanita berseragam putih-putih itu sebagai prajurit dalam upaya memelihara semangat juang dan jiwa korsa, guna meningkatkan motivasi dalam pengabdiannya kepada TNI, Bangsa, dan Negara.

Kegiatan ini dilaksanakan bukan sekedar tradisi rutinitas namun memiliki arti penting sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa dan raganya dalam berkorban demi kejayaan bangsa dan negara. Kowal wilayah Jakarta sebagai penerus harus punya jiwa seperti mereka dan juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah yang mau menghargai jasa para pahlawannya.

Turut hadir dalam upacara tabur bunga tersebut antara lain: Pakor Kowal Kolonel Laut (K/W) Noor Trisnawati, B.Sc., S.K.M., Pabin Kowal Letkol Laut (S/W) Dwi Soesilawati, S.E., M.A.P., serta ratusan undangan lainnya. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA