Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bima Arya: Pelarangan Kegiatan Syiah Murni Demi Keamanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 28 Oktober 2015, 19:22 WIB
bima arya/net
rmol news logo Wali Kota Bogor, Bima Arya, menyebut surat edaran yang melarang segala bentuk kegiatan keagamaan Syiah di wilayah Bogor diputuskan dengan mempertimbangkan banyak sekali faktor, mulai dari konstitusisampai masukan para tokoh agama.

Pada malam itu murni masalah keamanan. Malam tersebut pun saya melindungi para jamaah tersebut supaya tidak terjadi kekerasan karena Walikota tidak memiliki otoritas atau hak untuk berbicara ataupun melarang aqidah." ujarnya kepada wartawan, di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/10)

Kamis malam lalu (22/10), Bima membubarkan perayaan Asyuro kelompok Syiah yang menurutnya telah membuat keresahan di masyarakat.

Pada kesempatan ini, Bima juga meluruskan bahwa dirinya tidak mau dianggap berdiri di atas salah satu golongan. Ia menegaskan lagi bahwa tindakannya berdasar pertimbangan keamanan.

"Kami tidak ingin adanya konflik terbuka atas nama agama di kota yang dicintai. Karena sebagai kepala daerah, saya harus berdiri di atas semua golongan dan kepentingan.” tegasnya.

Yang terpenting baginya, pemerintah Kota Bogor akan terus berkomunikasi dan mensosialisasikan peraturan kepada seluruh elemen warga.

Pemerintah Kota Bogor pun diklaimnya sudah mengirimkan surat kronologis kejadian ke Komnas HAM. Bima berharap kebijakannya tidak menjadi pintu masuk bagi kepentingan lain yang mengganggu keharmonisan umat beragama. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA