Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AMA: Macam Zaman Batu Saja Prediksi Cuaca di Bandara dengan Pandangan Mata

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ade-mulyana-1'>ADE MULYANA</a>
LAPORAN: ADE MULYANA
  • Selasa, 18 Agustus 2015, 02:45 WIB
AMA: Macam Zaman Batu Saja Prediksi Cuaca di Bandara dengan Pandangan Mata
Ilustrasi/net
rmol news logo Hilang kontak pesawat Trigana Air dalam perjalannya dari Bandara Sentani,  Jayapura ke Distrik Oksibil, Papua merupakan momok bagi bandara perintis di Indonesia.

Pengakuan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bahwa prediksi cuaca di Distrik Oksibil hanya menggunakan pandangan visual dari menara bandara, bukan dengan teknologi meteorologi menunjukkan buruknya fasilitas pendukung penerbangan di bandara perintis.

"Kalau memang faktanya di Bandara Oksibil itu hanya menggunakan pandangan visual dalam ramalan cuaca, macam zaman batu saja. Seolah di bandara terpencil tidak ada teknologi seperti halnya yang digunakan BMKG," kata anggota Komisi V DPR, Ahmad M Ali (AMA) kepada wartawan.

Dia mengingatkan pemerintah tidak menyepelekan kualitas infrastruktur penerbangan di bandara perintis.

Mestinya, kualitas pelayanan untuk keselamatan paripurna antar bandara tidak dibedakan. Fasilitas di bandara yang berbeda status, seperti bandara internasional dan bandara perintis selama ini tak sama.

Mat Ali menyebutkan, hilangnya kontak dengan Trigana Air merupakan tamparan bagi pemerintah agar segera memperbaiki pelayanan di bandara terpencil.

Dalam kacamata anggaran, Mat Ali yang juga anggota Banggar DPR menilai bahwa pos anggaran untuk perbaikan bandara terpencil sudah ada dalam APBN-P 2015.

Khusus untuk Kementerian Perhubungan angkanya menyentuh Rp 60 triliun rupiah. Angka yang cukup terlebih alokasi untuk perhubungan udara mencapai Rp 10 triliun.

Di samping itu, Politisi Partai Nasdem ini mengimbau masyarakat tetap tenang sampai pencarian dilakukan esok hari.

"Masih ada harapan selamat. Pencarian sekarang juga terkendala cuaca buruk. Dioptimalkan besok, bisa ada informasi," tutupnya.[dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA