Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Panglima TNI: Hubungan Baik Indonesia-China Harus Ditingkatkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 25 Februari 2014, 18:48 WIB
Panglima TNI: Hubungan Baik Indonesia-China Harus Ditingkatkan
jenderal moeldoko/net
rmol news logo Hubungan dan kerjasama militer antara Indonesia dengan China harus ditingkatkan dengan menggelar forum dialog antarpejabat militer Indonesia-China, untuk mempererat hubungan baik yang sudah ada.

Hal itu disampaikan Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, saat pertemuan dengan Panglima Angkatan Bersenjata China Jenderal Fang Fenghui di Markas Besar Angkatan Bersenjata China, Beijing, Selasa (25/2).

Menurut Moeldoko dalam rilisnya, China merupakan negara yang baik dan bersahabat bagi Indonesia. Hubungan kedua negara, khususnya militer kedua negara, dapat ditingkatkan untuk menjaga stabilitas keamanan, perdamaian dan kemakmuran kawasan.
   
Menurut mantan Kepala Staf TNI AD itu, Indonesia dan China telah sepakat untuk menjadi mitra strategis pada 2005 yang ditindaklanjuti dengan penandatangan Rencana Aksi Kemitraan Strategis pada 2010 dan Komunike Bersama. Hubungan kedua negara semakin meningkat dengan kesepakatan pimpinan untuk meningkatkan kemitraan strategis menjadi lebih komprehensif pada 2013.
     
Khusus di bidang pertahanan, kata mantan Wakil Gubernur Lemhannas ini, Indonesia dan China telah menyepakati Forum Konsultasi Pertahanan pada 2007 dan kerja sama industri pertahanan pada 2011. Kemudian, hubungan pertahanan dan militer kedua negara semakin meningkat. Kerja sama itu antara lain saling kunjung pejabat tinggi militer, pertukaran perwira siswa di masing-masing angkatan, latihan bersama pasukan khusus antiteror dan lainnya.

Sebelum pertemuan itu, Panglima TNI juga mengadakan kunjungan ke Pusat Komando Pertahanan Udara Beijing. Kunjungan lima harinya di China akan berlangsung hingga Jumat (28/2). [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA