Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamanan Logistik dan TPS Tiap Daerah Berbeda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 14 Februari 2014, 18:15 WIB
rmol news logo Kepolisian Daerah (Polda) tengah mempersiapkan pengamanan jalannya Pemilu 2014 yang sudah makin dekat.

Karo Penmas Polri Brigjen Boy Rafli Amar mengatakan, persiapan itu terkait dengan penyesuaian jadwal distribusi logistik pemilu di tiap-tiap daerah untuk pemilihan legistalif 4 April mendatang.

"Disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing polda sesuai perencanaan kapolda," katanya di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (14/2).

Menurut Boy, pola pengamanan logistik maupun tempat pemungutan suara (TPS) berbeda-beda pada setiap daerahnya. Seperti, pola 2-10, 2-5, atau 2-4, yakni dua personel polisi mengamankan empat atau lima TPS.

"Karena sekarang Linmas itu sudah menempel KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) langsung. Tetapi, tidak terpisah untuk mengamankan di internal TPS dan logistik pemilu," jelasnya.

Polisi juga menerapkan strategi pengamanan khusus di wilayah-wilayah bekas konflik maupun yang memiliki potensi konflik tinggi. Hal ini, guna meminimalisir timbulnya konflik selama proses pemilu.

"Tentunya di daerah eks konflik, Poso, Papua, ada strategi keamanan. Dan, saat ini kita sedang melakukan operasi pemberantasan teroris. Itu juga tujuannya untuk mengeliminir masalah terorisme," demikian Boy.

Diketahui, untuk keperluan Pemilu 2014, sebanyak 1.368.041 personel gabungan akan dikerahkan. Jumlah itu terdiri dari 253.035 personel Polri, 23.450 personel TNI, dan 1.091.556 personel Linmas. Pada hari pemungutan suara, kekuatan personel ini akan disebar di sebanyak 545.778 TPS.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA