Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jalur Pantura Bersiap Sambut Pemudik Pasca Diterjang Banjir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 27 Maret 2024, 06:00 WIB
Jalur Pantura Bersiap Sambut Pemudik Pasca Diterjang Banjir
Jalur Pantura Demak-Kudus yang terendam banjir saat ini sedang dipersiapkan untuk arus mudik Lebaran 2024/RMOLJateng
rmol news logo Jalur Pantura Demak-Kudus yang sempat terendam banjir saat ini sedang dipersiapkan untuk dapat dilalui pemudik Lebaran Idulfitri 2024.

Banjir yang menerjang Jalur Pantura Demak-Kudus pada awal Februari dan Maret ini menyebabkan jalan rusak parah.

Agar dapat normal dan siap dilalui pengendara, perbaikan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten setempat di bawah Balai Besar Pelaksanaan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jalur Pantura Demak-Kudus yang sempat terendam banjir merupakan satu-satunya akses untuk menghubungkan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur di bagian utara, sehingga mesti siap dan aman secara infrastruktur.

Kepala BBPJN Jateng-DIY Rien Marlia memastikan jalan rusak pasca banjir sudah dapat dilalui normal dua minggu jelang Lebaran.

"Kita persiapkan agar jalan rusak pasca banjir yang juga waktunya dekat dengan arus mudik sudah aman dan siap dua minggu sebelum arus mudik Lebaran," kata Rien dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng, Rabu (27/3).

Dalam mempersiapkan kesiapan infrastruktur mudik Lebaran, BBPJN Jateng-DIY juga akan melakukan survei kondisi jalur tengah dan selatan, termasuk akses penghubung antar wilayah yang dapat digunakan jalur alternatif.

Survei jalur mudik akan melibatkan berbagai instansi terkait di lingkup kabupaten dan kota.

Kendala dalam persiapan yang terbatas jelang mudik Lebaran, Rien menegaskan, tak akan jadi masalah berarti, karena pihaknya telah mempersiapkan matang seluruh persiapan dan kesiapan teknis untuk perbaikan serta pemeliharaan infrastruktur jalan di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Harapannya jalur mudik di Jateng dan DIY terutama jalur Pantura yang dipastikan akan menjadi pilihan para pemudik kita pastikan siap untuk dilalui dalam mendukung kelancaran arus lalu lintas mudik Lebaran 2024," demikian Rien. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA