Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LBH Bandar Lampung: Petani Didesain Miskin Tak Berdaya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 25 September 2023, 21:44 WIB
LBH Bandar Lampung: Petani Didesain Miskin Tak Berdaya
Kepala Divisi Advokasi LBH Bandar Lampung, Prabowo Pamungkas saat berorasi di depan Tugu Adipura, Bandar Lampung, Senin (25/9)/Ist
rmol news logo Petani Indonesia disebut telah didesain dalam kondisi miskin dan tak berdaya. Contoh desain tersebut terlihat pada sulitnya petani mengakses lahan, kelangkaan pupuk murah, hingga tidak ada posisi tawar dalam menentukan harga saat panen.

Demikian disuarakan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandar Lampung saat menggelar aksi di Tugu Adipura, Bandar Lampung, Senin (25/9).

“Alih-alih memihak petani, pemerintah sebagai regulator kebijakan justru menjadi aktor utama dalam perampasan tanah petani,” kata Kepala Divisi Advokasi LBH Bandar Lampung, Prabowo Pamungkas diberitakan Kantor Berita RMOLLampung.

Klaim keberpihakan pemerintah terhadap petani pun tidak tercermin dalam mengambil kebijakan.

“Kebijakan hanya gimmick dan lips service semata sehingga tak berdampak apa pun bagi petani. Kartu Petani Berjaya yang digadangkan dapat menyejahterakan petani tidak pernah terasa sedikit pun,” ujarnya.

Tak hanya itu, Prabowo menjelaskan, petani juga dihadapkan pada represif aparat, kriminalisasi, dan politik pecah belah yang sering dilakukan oleh negara dan swasta. Sehingga, petani memang tak diberikan pilihan selain melawan.

Dalam aksinya, massa dari LBH Bandar Lampung bersama Aliansi Solidaritas Petani Lampung turut menyuarakan sejumlah aspirasi. Mulai dari tuntutan akses tanah kepada petani, penghentian kriminalisasi kepada petani Kota Baru, tuntaskan kelangkaan pupuk, hingga meminta penghapusan Kartu Petani Berjaya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA