Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diikuti 280 Siswa, Jambore Sispala 2023 Digelar di Jakarta Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 29 Juli 2023, 15:47 WIB
Diikuti 280 Siswa, Jambore Sispala 2023 Digelar di Jakarta Utara
Jambore Sispala 2023 di Jakarta Utara/Ist
rmol news logo Sebanyak 280 siswa dari 43 SMA/SMK dan yang sederajat dari wilayah Jakarta, Tangerang Selatan, Bekasi, dan Bogor, mengikuti Jambore Siswa Pencinta Alam (Sispala) 2023 yang diselenggarakan di Ekowisata Mangrove PIK Pluit, Jakarta Utara.

Acara bertema "Membangun Karakter Bersama Alam" ini berlangsung pada 28-30 Juli 2023, dan dibuka oleh Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Sarjoko, mewakili Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Pembukaan Jambore oleh Sarjoko diawali dengan apel Sispala di lapangan Ekowisata Mangrove PIK, Pluit, Jumat (28/7). Apel ini antara lain diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Pancasila, dan pembacaan Ikrar Sispala.

Dalam amanatnya, Sarjoko menekankan tentang bagaimana semua unsur masyarakat dan semua stakeholder mengambil peran sesuai kemampuan masing-masing dalam menjaga lingkungan.

Dia mengingatkan soal kegaduhan di media sosial tentang penurunan kualitas udara, dan tentang pentingnya setiap orang untuk berpartisipasi agar kualitas udara tetap baik. Termasuk juga, mencegah terjadinya pencemaran air, dan menjaga kelestarian keragaman hayati.

"Peran inilah yang diambil Sispala dengan kegiatan Jambore ini, dan Sispala ini sudah bertahun-tahun eksis untuk menjaga lingkungan sesuai dengan kemampuannya," kata Sarjoko.

Sejumlah kegiatan telah disiapkan sepanjang acara ini digelar. Kegiatan dibagi dalam empat sesi seminar dan kegiatan simulasi di hari terakhir.

Sementara itu, Ketua Forum Alumni Sispala Jakarta (Fasta) Adji Rimbawan mengatakan, Sispala merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang positif di sekolah-sekolah, namun termasuk kegiatan yang berisiko, sehingga perlu didampingi.

"Jambore ini bertujuan selain untuk mempererat silaturahmi agar dapat saling membantu, juga untuk memberikan pelatihan, peningkatan wawasan tentang Sispala atas dasar tata kelola kegiatan yang sesuai tujuan pendidikan sekolah," katanya.

Selain itu, kata Adji, Jambore ini juga bertujuan untuk memberikan pandangan, wawasan dan pemahaman kepada siswa, alumni, dan pihak sekolah tentang kegiatan alam bebas yang baik dan berkarakter.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA