Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korsel Dilanda Suhu Ekstrem, Jokowi Ingin Kontingen Indonesia Kembali ke Tanah Air

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 07 Agustus 2023, 18:57 WIB
Korsel Dilanda Suhu Ekstrem, Jokowi Ingin Kontingen Indonesia Kembali ke Tanah Air
Presiden Joko Widodo/Ist
rmol news logo Kegiatan Jambore Pramuka Dunia 2023 di Korea Selatan (Korsel) menjadi sorotan dunia karena diwarnai cuaca ekstrem yang melanda negara tersebut yang menyebabkan sejumlah peserta dilarikan ke rumah sakit.

Hal ini pun tak luput dari perhatian Presiden Joko Widodo. Sosok yang akrab disapa Jokowi itu memerintahkan jajarannya untuk terus memantau kondisi kontingen Indonesia yang turut serta dalam Jambore Pramuka Dunia tersebut.

"Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri, kepada Kedutaan Besar kita untuk selalu memonitor, selalu memantau,” ujar Jokowi usai meresmikan Indonesia Arena, di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (7/8).

Kepala Negara memastikan kontingen Indonesia berada pada kondisi yang baik. Namun, Jokowi mengharapkan agar kontingen tersebut dapat segera kembali ke tanah air.

“Kita harus membawa pulang kembali secepatnya,” tandasnya.

Korea Selatan telah dilanda gelombang panas dengan suhu lebih dari 37 derajat Celcius pekan ini. Badan Meteorologi Korea Selatan memperkirakan suhu akan terus tinggi hingga 12 Agustus, saat acara jambore selesai.

Organisasi Gerakan Pramuka Dunia menyatakan keprihatinan tentang risiko panas dan mengatakan telah menyarankan Korea Selatan untuk mempersingkat acara tersebut.

Sayangnya, tuan rumah memutuskan untuk melanjutkan acara tersebut dan berjanji melakukan segala cara untuk mengatasi gelombang panas.

Jambore Dunia mengumpulkan puluhan ribu remaja berusia 14 hingga 18 tahun, ditambah orang dewasa, dari asosiasi Pramuka di seluruh dunia setiap empat tahun. Acara tahun ini adalah yang pertama sejak pandemi virus Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA