Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengukuhan Pengurus Lampung, Teguh Santosa Ingatkan Tugas Berat JMSI Merdekakan Pers

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 25 April 2022, 15:39 WIB
rmol news logo Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Lampung resmi dikukuhkan di Novotel, Bandar Lampung, Sabtu sore (23/4) oleh Ketua Umum JMSI Pusat Teguh Santosa.

Dalam sambutanya, Teguh menyampaikan bahwa saat ini terdapat tiga organisasi media siber yang telah terdaftar di Dewan Pers. Jumlah ini, kata pendiri Kantor Berita Politik RMOL itu lebih banyak ketimbang organisasi pers dari platform konvensional lainnya seperti media cetak, radio maupun televisi.

Teguh mengatakan, mengapa organisasi media siber jumlahnya lebih banyak saat ini lantaran pada satu setengah dekade ini, pertumbuhan media berbasis internet yakni media online atau siber seperti jamur yang tumbuh di musim hujan.

Dari data Kominfo tahun 2017, ungkap Teguh, setidaknya terdapat 47 ribu media berbasis internet, lalu data tahun 2020 terdapat 51 ribu. Sementara hasil survei Dewan Pers, mencatat setidaknya ada 18 ribu organisasi penerbitan yang berbasis internet.

“Angka lebih kecil dari 47 ribu apalagi dari 51 ribu, tetapi angka 18 ribu ini tetap angka yang banyak. Itulah barang kali mengapa organisasi media siber seperti JMSI ini harus hadir, karena kehadirannya itu adalah untuk menjamin kemerdekaan pers,” kata teguh dalam sambutannya.

Mantan anggota dewan kehormatan PWI Pusat ini menegaskan, kemerdekaan pers baru betul-betul bisa dikatakan merdeka apabila perusahaan media siber atau online bisa menjadi perusahaan yang memiliki etika yang benar, sekaligus menjadi perusahaan yang bisa menjadi sandaran hidup bagi karyawannya.

Lalu kemudian kedua, sambung Teguh, apabila perusahaan media siber memiliki wartawan pencari berita yang profesional, mengikuti aturan etika jurnalistik, menghargai fakta dan tidak terjebak pada ujaran kebencian dan tidak ikut-ikutan menyebarkan hoax.

Dan juga, dosen mata kuliah Hubungan Internasional UIN Syarif Hidayatullah ini menekankan bahwa tugas JMSI yang tidak kalah beratnya ialah memberikan edukasi kepada publik terkait mana produk jurnalistik yang diedarkan dengan platform digital dan mana yang bukan. Sebab, kata Teguh, publik kerap tidak bisa membedakan mana karya jurnalistik dan mana yang tidak.

“Dan dalam pemberitaanya orientasinya bersama, orientasinya kepentingan nasional. Dan saya yakin kehadiran JMSI di Lampung ini akan memperkuat pondasi kemerdekaan pers,” tegasnya.

Pengukuhan Pengda JMSI Lampung ini juga diisi dengan orasi ilmiah tentang pemberantasan korupsi oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Dalam acara itu, selain Teguh Santosa, turut dihadiri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana, Bupati Pesawaran Nanda Indira Dendi, Wakapolda Lampung Brigjen Subiyanto serta forkopimda di Provinsi Lampung lainnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA