Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mars dan Hymne Bangun Soliditas ASN, Tjahjo Kumolo Minta Kementerian dan Lembaga Tiru KPK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Minggu, 20 Februari 2022, 04:02 WIB
Mars dan Hymne Bangun Soliditas ASN, Tjahjo Kumolo Minta Kementerian dan Lembaga Tiru KPK
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly menyerahkan hak cipta mars dan hymne KPK ciptaan istri Ketua KPK Firli Bahuri, Ardina Safitri/Ist
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru saja merilis mars dan hymne bagi lembaga antirasuah itu. Mars dan hymne diciptakan untuk membangkitkan rasa semangat dan soliditas dari suatu organisasi/kementrian/lembaga dan pemda, untuk mencapai tujuannya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyambut positif, dan meminta agar kementerian, lembaga, pemerintah daerah memiliki mars dan hymne seperti KPK.

“Tujuan diciptakan lagu mars adalah untuk membangun soliditas aparatur sipil negara (ASN) dan motivasi semangat kerja di instansi pemerintah dan ini merupakan upaya yang terintegrasi dalam kerangka penguatan budaya kerja ASN,” ujar Menteri Tjahjo, Sabtu (19/2).

Tjahjo melanjutkan dalam penguatan budaya kerja, wajib memahami dan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar atau core values ASN Berahklak. Makna dibalik core values ini bertujuan agar para ASN dapat memberikan layanan yang optimal, prima, dan berkualitas demi kepuasan masyarakat, bertanggung jawab atas kepercayaan yang telah diberikan, selalu belajar dan mengembangkan kapabilitas diri, saling peduli dan menghargai perbedaan, berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, senantiasa berinovasi dan antusias dalam menggerakkan dan menghadapi perubahan, serta membangun kerja sama yang sinergis.

Menurut Tjajho, lirik pada mars dan hymne KPK berisi hal semangat kebangsaan serta ideologi bangsa yang merujuk pada satu tujuan, yakni Indonesia bersih dari korupsi. H

Hal itu tentu selaras dengan core values ASN pada poin loyal, yang menekankan pada memegang teguh ideologi Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, NKRI serta pemerintahan yang sah.

“Hentakan musik dan lirik dalam mars serta hymne KPK saya harap memberi semangat pada seluruh pegawai KPK khususnya, dan seluruh jajaran pemerintah pada umumnya, untuk semangat memberantas praktik korupsi,” pungkas Menteri Tjahjo.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA