Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wujudkan Kebersamaan, Kemenag Gelar Sidang Isbat 1 Syawal Sore Nanti

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 03 Juni 2019, 10:42 WIB
Wujudkan Kebersamaan, Kemenag Gelar Sidang Isbat 1 Syawal Sore Nanti
Isbat Ramadan Kemanag beberapa waktu lalu/RMOL
rmol news logo Kementerian Agama RI dijadwalkan menggelar sidang isbat untuk menetapkan 1 Syawal Idul Fitri 1440 Hijriyah. Rencananya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang akan memimpin langsung sidang tersebut.
HUT 79 RI

"Sidang isbat awal Syawal akan dilaksanakan pada sore ini pukul 17.00 WIB di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta," kata Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin saat dihubungi, di Jakarta, Senin (3/6).

Amin mengatakan, sidang isbat nanti juga akan dihadiri oleh para Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Ormas-Ormas Islam, lembaga-lembaga Falakiyah.

Lembaga tersebut yakni; Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam hingga Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

"Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah," ujar Amin.

Amin menjelaskan, rangkaian sidang isbat nanti akan diawali dengan pemaparan secara terbuka mengenai posisi hilal berdasarkan data hisab oleh pakar astronomi dan melihat posisi ketinggian hilal.

"Rukyatul hilal akan dilaksanakan pada Senin sore," tutur Amin.

Ba'da Magrib, jajaran Kemenag bersama para tamu undangan akan menggelar sidang isbat secara tertutup yang dipimpin oleh Menag Lukman. Nantinya, laporkan hasil pemantauan hilal yang dilakukan pada 105 titik lokasi di seluruh Indonesia akan diambil keputusan.

"Laporan itu akan dijadikan dasar pengambilan keputusan penetapan 1 Syawal," kata Amin.

Selanjutnya, Menteri Agama akan menggelar konferensi pers hasil sidang itsbat, yaitu penetapan pemerintah untuk Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA