Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Responsif, Sumsel Kerahkan Video Blogger Potret Gerhana Matahari Total

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 13 Februari 2016, 22:39 WIB
RMOL. Sumatera Selatan merupakan salah satu dari 12 provinsi yang bakal dilintasi Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang.

Pemerintah Provinsi Sumsel pun sudah menyiapkan sejumlah agenda sebagai penarik wisatawan untuk menyaksikan momentum langka tersebut. Seperti sarapan pagi dan penampilan Naga Raksasa di kawasan jembatan Ampera.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji  respons cepat dari Gubernur Sumsel Alex Noerdin tersebut. "Saya lihat, agendanya banyak dan bagus-bagus! Bagi orang Jakarta yang ingin menyaksikan GMT yang 350 tahun sekali ini, silakan ke Palembang," kata Menpar dalam keterangannya, (Sabtu, 13/2).

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camalyn Sinaga menjelaskan penampilan Naga Raksasa. Rangkaian patung naga yang besar digarap anak-anak SMKN 7. Patung naga raksasa itu akan ditampilkan pada 8 Maret 2016 di kawasan BKB dan Ampera. "Pembuatannya cukup rumit. Ini melibatkan para guru dan tujuh siswa dari jurusan griya kayu," ungkapnya.

Irene menggambarkan bahwa naga raksasa itu terbuat dari gabus berwarna putih. Semua rangkanya menggunakan besi. "Panjang patung naganya 18 meter, namun jika sudah meliuk maka ukurannya menjadi 10 meter dengan ketinggian mencapai 4 meter. Dan ada sekitar 20-an lampu lampion di dalam naga yang memancarkan cahaya," jelasnya.

Setelah atraksi naga raksasa yang memancarkan cahaya, Disbudpar Sumsel melirik dunia maya. Untuk urusan yang satu ini, Irene mengaku sudah menggandeng  12 seleb blogger. Dua di antaranya berasal dari Singapura dan Malaysia. Sisanya dari Jakarta, Bandung, Bali dan Yogyakarta. Tugas mereka, mengelilingi sejumlah tempat wisata dan pusat kuliner di wilayah Palembang. Menggandeng blogger atau penulis blog untuk menyosialisasikan sesuatu ke khalayak umum memang sudah menjadi hal yang lumrah saat ini.

Disbudpar pun Sumsel ingin memanfaatkan selebritas blogger sebagai corong untuk ikut menyebarluaskan GMT serta mempromosikan branding Wonderfull Indonesia.

"Blogger Singapura dan Malaysia terkesima dengan keeksotisan wisata peninggalan zaman Sriwijaya maupun peradaban China di Sumsel. Testimoni mereka di blog masing-masing akan sangat membantu promosi GMT di Sumatera Selatan," tandas Irene. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA