Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

CERDIK Jaga Pola Hidup Sehat Cegah Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 21 Oktober 2020, 15:45 WIB
CERDIK Jaga Pola Hidup Sehat Cegah Covid-19
Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Ngabila Salama dalam dikusi Bincang Sehat pada Rabu, 21 Oktober 2020/RMOL
rmol news logo Berbagai upaya dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Selain menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan), pola hidup sehat juga penting untuk dilakukan.

"Imbauan dari saya, untuk pencegahan Covid, kita itu harus hidup sehat, ada singkatannya CERDIK," kata Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Ngabila Salama.

"C itu cek kesehatan secara rutin. Artinya ketika ada gekala sedikit, kita memeriksakan diri ke Puskesmas, atau fasilitas kesehatan terdekat," lanjutnya  dalam diskusi virtual Bincang Sehat bertajuk "Strategi Jitu Cegah Klaster Keluarga Di Tengah Pandemi Covid-19" yang digelar oleh Kantor Berita Politik RMOL pada Rabu (21/10).

Setelah itu "E" atau enyahkan asap rokok. Mengingat Covid-19 menyerang saluran pernapasan, dr. Ngabila mengingatkan para perokok menjadi lebih rentan.

Ia juga menggarisbawahi, perokok yang dimaksud bukan hanya perokok aktif, melainkan juga perokok pasif, secondhand smokers dan thirdhand smokers.

"Kalau secondhand itu orangnya menghirup (asap rokok) langsung, kalau thirdhand itu menghirup (asap rokok) dari pakaian," terangnya.

Kemudian, ia mengatakan, pola hidup sehat harus dilakukan dengan "R" atau rajin olahraga. Di mana olahraga juga tetap harus menerapkan protokol kesehatan 3M atau hanya melakukan aktivitas di rumah selama 30 menit sehari.

"Lalu D, diet seimbang. Selain vitamin, yang penting itu justru makanan bergizi, untuk menjaga imunitas kita," lanjutnya.

Istirahat yang cukup ("I"), yaitu tidur minimal 7 hingga 8 jam sehari juga menurut dr. Ngabila sangat penting.

"Terus K, kelola stres. Karena penelitian banyak yang menunjukkan, kalau kita stres, maka imunitas akan menurun," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA