Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jessica Wongso Akhirnya Bebas Bersyarat dari Lapas Pondok Bambu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 18 Agustus 2024, 07:57 WIB
Jessica Wongso Akhirnya Bebas Bersyarat dari Lapas Pondok Bambu
Jessica Kumala Wongso/Net
rmol news logo Terpidana kasus pembunuhan kopi sianida dengan korban Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso akan bebas bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan, Pondok Bambu, Jakarta Timur pada hari ini, Minggu (18/8).
HUT 79 RI

Ketua Kelompok Kerja Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Ditjen Pas Kemenkumham), Deddy Eduar Eka Saputra membenarkan jika Jessica akan bebas bersyarat hari ini.

"Betul, hari ini teragenda beliau akan melaksanakan proses administrasi Pembebasan Bersyarat (PB)," kata Deddy kepada wartawan, Minggu pagi (18/8).

Sementara itu, tim hukum Jessica, Otto Hasibuan mengatakan bahwa, Jessica akan bebas bersyarat pada hari ini pukul 09.00 WIB.

"Benar (bebas)," kata Otto Hasibuan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (17/8).

Menurut rencana, usai bebas dari Lapas Pondok Bambu, Jessica bersama tim hukum akan mengadakan konferensi pers pada pukul 09.30 WIB.

Kasus pembunuhan terhadap Wayan Mirna Salihin terjadi pada 6 Januari 2016. Saat itu, Wayan bertemu dengan Jessica Wongso, dan seorang temannya, Hanie Boon Juwita, di Kafe Olivier Grand Indonesia (GI).

Polda Metro Jaya menetapkan Jessica Wongso sebagai tersangka pada 29 Januari 2016. Jessica Wongso kemudian ditangkap keesokan harinya di Hotel Neo, Mangga Dua, Jakarta Utara. Jessica dituding sebagai orang yang menaruh sianida dalam kopi Mirna.

Selanjutnya pada Kamis 27 Oktober 2016, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menghukum Jessica dengan pidana penjara selama 20 tahun. Hakim menyatakan bahwa Jessica Wongso terbukti melakukan pembunuhan berencana.

Tak terima putusan itu, Jessica pun melakukan upaya hukum banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta pada Jumat 28 Oktober 2016. Dan pada Rabu 7 Maret 2017, Hakim PT DKI Jakarta memutuskan menguatkan putusan PN Jakarta Pusat sebelumnya.

Hukumannya tidak berubah, dan akhirnya Jessica Wongso melakukan langkah hukum Kasasi ke Mahkamah Agung (MA) pada Senin 27 Maret 2017. Kemudian pada Rabu 21 Juni 2017, Majelis Kasasi menolak permohonan Kasasi Jessica Wongso.

Pada akhirnya, Jessica Wongso mengambil langkah upaya hukum terakhir, yaitu Peninjauan Kembali (PK) ke MA pada Selasa 21 Agustus 2018. Akan tetapi, upaya hukum Jessica Wongso kembali kandas. MA menolak PK Jessica, sehingga hukuman buat Jessica Wongso tetap 20 tahun penjara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA