Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Tanah Pulogebang, KPK Panggil Mantan Dirut Bank CIMB Niaga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 14 Agustus 2023, 11:57 WIB
Kasus Tanah Pulogebang, KPK Panggil Mantan Dirut Bank CIMB Niaga
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)/RMOL
rmol news logo Direktur Utama Bank CIMB Niaga periode 2008-2015, Arwin Rasyid bersama sejumlah orang dipanggil tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur tahun 2018-2019.

Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan, hari ini pihaknya memanggil lima orang sebagai saksi.

"Hari ini bertempat di Gedung Merah Putih, tim penyidik menjadwalkan pemanggilan saksi-saksi," ujar Ali kepada wartawan, Senin siang (14/8).

Saksi-saksi yang dipanggil, yakni Arwin Rasyid selaku swasta, Yadi Robby selaku Senior Manajer Divisi Umum dan SDM PP Sarana Jaya, Hasreiza selaku Sekretaris Dewan Pengawas PD Sarana Jaya tahun 2019, Yulia Afifah Noerjanah selaku pegawai Perumda Pembangunan Sarana Jaya, dan Ucu Samsul Arifin selaku Staf Marketing KJPP Wahyono Adi dan Rekan.

Untuk saksi Arwin Rasyid yang juga Direktur Utama PT Telkom Indonesia Tbk periode 2005-2007 itu dikabarkan sudah hadir di Gedung Merah Putih KPK. Hingga pukul 11.50 WIB siang ini, Arwin masih diperiksa sebagai saksi.

KPK pada Jumat 15 Juli 2022 mengumumkan sedang melakukan pengumpulan alat bukti dalam perkara tersebut. Namun demikian, KPK belum bisa membeberkan siapa saja pihak-pihak yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Para tersangka hingga detail konstruksi perkara akan diumumkan kepada publik ketika dilakukan upaya paksa penangkapan atau penahanan terhadap para tersangka.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kantor Berita Politik RMOL, beberapa orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka, yaitu mantan Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoory Corneles Pinontoan; Rudy Hartono Iskandar (RHI) selaku Direktur PT Aldira Berkah Abadi Makmur (ABAM).

Keduanya juga sebelumnya telah diproses hukum dalam perkara dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Dalam perkara dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang ini, diduga mengalami kerugian keuangan negara mencapai ratusan miliar rupiah.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA