Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anggaran Pertahanan Rusia Naik Hampir 30 Persen dari PDB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 25 Oktober 2024, 14:54 WIB
Anggaran Pertahanan Rusia Naik Hampir 30 Persen dari PDB
Tentara Rusia/Net
rmol news logo Sejak perang Ukraina meletus, anggaran pertahanan Rusia terus dinaikkan dan kini hampir mencapai 30 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Anggota parlemen di majelis rendah Duma Negara memberikan suara mayoritas untuk menyetujui pembacaan pertama rancangan kenaikan anggaran pertahanan, dengan hanya satu suara yang menentang.

Dikatakan bahwa kenaikannya di tahun 2025 sebesar 13,5 triliun rubel (Rp2.180 triliun), lebih besar dari gabungan anggaran untuk kesejahteraan dan pendidikan.

"RUU tersebut akan melalui pembacaan kedua pada tanggal 14 November," ungkap AFP pada Jumat, 25 Oktober 2024.

Angka tersebut tidak termasuk beberapa sumber daya lain yang diarahkan untuk perang dan beberapa anggaran yang diklasifikasikan sebagai rahasia tingkat tinggi.

Jika digabungkan maka total anggaran untuk pertahanan dan keamanan tersebut akan mencapai sekitar 40 persen dari total anggaran pemerintah Rusia, yang diperkirakan mencapai 41,5 triliun rubel pada tahun 2025.

Kesepakatan untuk menaikkan anggaran pertahanan dilakukan saat pasukan Moskow bergerak maju di Ukraina timur, merebut puluhan kota dan desa dari pasukan Ukraina yang kewalahan dan kekurangan personel.

Sebelum mengirimkan rancangan anggaran ke parlemen Rusia, Moskow mengumumkan peningkatan investasi dan kesejahteraan sosial di samping pengeluaran militer yang lebih tinggi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA