Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Drone Houthi Meledak di Dekat Kedubes AS di Israel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 19 Juli 2024, 17:22 WIB
Drone Houthi Meledak di Dekat Kedubes AS di Israel
Potongan gambar dari lokasi yang menjadi target drone di Tel Aviv, Israel pada hari Jumat, 19 Juli 2024/Net
rmol news logo Serangan drone yang diklaim dilakukan oleh pemberontak Houthi Yaman menghantam sebuah rumah dekat kantor cabang kedutaan Amerika Serikat di Tel Aviv pada Jumat (19/7).

Juru bicara Angkatan Darat Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan drone yang digunakan Houthi adalah model Samad-3 Iran.

"Militer sedang mendiskusikan respon ofensif terhadap pihak yang menjadi ancaman Israel," ujarnya dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat CNN.

Kepolisian dan militer Israel menyebut serangan drone tersebut mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan tujuh lainnya terluka.

Berdasarkan analisis CNN terhadap citra satelit dan sumber terbuka dari lokasi kejadian, ledakan itu terjadi sekitar 100 meter dari kompleks Kedubes AS.

Belum jelas apakah drone itu sebenarnya ditargetkan pada bangunan kedutaan AS atau tidak.

Walikota Tel Aviv Ron Huldai mengatakan di X bahwa kotanya berada dalam siaga tinggi setelah serangan drone. Dia meminta penduduk untuk mengikuti instruksi darurat.

“Perang masih berlangsung, sulit dan menyakitkan,” cuitnya.

Serangan itu terjadi setelah serangkaian serangan Israel menghancurkan sebuah bangunan tiga lantai di Lebanon selatan pada Kamis malam (18/7) dan menewaskan seorang komandan pasukan elit Radwan Hizbullah.

Israel mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menyerang markas Radwan dan membunuh Ali Jaafar Maatouk, yang dikenal sebagai Habib Maatouk di wilayah Jmaijmeh.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA