Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kolombia Berhenti Jual Batu Bara ke Israel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 09 Juni 2024, 13:25 WIB
Kolombia Berhenti Jual Batu Bara ke Israel
Presiden Kolombia Gustavo Petro/Net
rmol news logo Ekspor batu bara Kolombia ke Israel akan dihentikan menyusul serangkaian genosida yang diduga telah dilakukan pasukan Tel Aviv di Jalur Gaza.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Kolombia Gustavo Petro mengumumkan bahwa penjualan batu bara akan dihentikan sementara sampai Israel berhenti serang Gaza.

"Kami akan menghentikan ekspor batu bara ke Israel sampai genosida berhenti,” tegasnya, seperti dikutip dari CNA pada Minggu (9/6).

Mei lalu, Petro menggambarkan serangan Israel di Gaza sebagai tindakan genosida. Kemudian dia mengumumkan bahwa Kolombia akan memutuskan hubungan dengan Israel atas konflik tersebut dan membuka kedutaan besar di Ramallah di wilayah Palestina.

Ia juga mengatakan Bogota akan berhenti membeli senjata buatan Israel.

Menurut pemerintah Kolombia, larangan ekspor batu bara akan mulai berlaku lima hari setelah keputusan tersebut diumumkan dalam berita resmi dan tidak akan mempengaruhi barang-barang yang telah diizinkan untuk dikirim.

Antara Januari dan Agustus 2023, Kolombia mengekspor barang senilai 375 juta dolar AS ke Israel. Batu bara merupakan sumber daya strategis untuk pembuatan senjata, mobilisasi pasukan militer. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA