Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal Perang Rusia Bakal Tiba di Kuba Pekan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 07 Juni 2024, 11:57 WIB
Kapal Perang Rusia Bakal Tiba di Kuba Pekan Depan
Kapal perang Angkatan Laut Rusia/Net
rmol news logo Rusia mengerahkan empat kapal perang menuju Kuba dalam rangka kunjungan persahabatan dan diperkirakan tiba di Havana pekan depan.

Kabar itu diungkap Kementerian Luar Negeri Kuba dalam sebuah pernyataan pada Kamis (6/6). Mereka menegaskan bahwa kapal Rusia tidak membawa muatan nuklir sehingga tidak akan menimbulkan ancaman apapun.

“Tidak ada kapal yang membawa senjata nuklir, jadi persinggahan mereka di negara kami tidak menimbulkan ancaman bagi kawasan," bunyi pernyataan itu, seperti dimuat CBS News.

Kemlu Kuba memperkirakan kapal Rusia tiba di pelabuhan mereka paling cepat Rabu (12/6)  mendatang.

"Kapal-kapal Rusia diperkirakan tiba di pelabuhan Havana antara 12 Juni dan 17 Juni," ungkapnya.

Pernyataan Kemlu Kuba dikeluarkan sehari setelah tersebar rumor di kalangan pejabat Amerika Serikat bahwa Rusia mempunyai rencana mengirim kapal tempur ke kawasan Karibia, termasuk ke sekutunya Kuba dan Venezuela.

Namun salah satu pejabat AS yang anonim mengatakan bahwa pihaknya belum melihat kedatangan kapal perang Rusia ke Kuba sebagai ancaman. Tetapi Angkatan Laut AS akan memantau latihan tersebut.

Ketegangan antara AS dan Rusia telah meningkat sejak perang Ukraina tahun 2022. Moskow kerap mengecam Washington bersama sekutunya karena terus memberikan bantuan militer mematikan ke Kyiv. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA