Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

4 Penjaga Pantai China Masuki Perairan Terlarang Dekat Kinmen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 18 Maret 2024, 05:23 WIB
4 Penjaga Pantai China Masuki Perairan Terlarang Dekat Kinmen
Ilustrasi
rmol news logo Taiwan kembali meradang akibat ulah Republik Rakyat China (RRC) melanggar wilayah perairan mereka. Administrasi Penjaga Pantai Taiwan mengusir empat kapal Penjaga Pantai China yang tanpa izin memasuki wilayah lepas pantai Kinmen, sebuah pulau di bawah kendali Taiwan, hari Jumat (15/3) seperti dilansir Focus Taiwan.

Kehadiran kapal China itu, yang terdeteksi pada pukul 14.46 waktu setempat, memicu respons cepat dari kapal patroli Taiwan, yang memantau secara ketat dan mengeluarkan peringatan hingga kapal China mundur dari zona terlarang di sekitar Pulau Kinmen.

Menurut Focus Taiwan, Penjaga Pantai China awalnya bersikeras mengatakan bahwa patroli mereka dilakukan dalam batas-batas hukum, sekitar 3 hingga 3,2 mil laut di selatan Pulau Kinmen.

Sebelumnya pada hari Kamis (14/3), Taiwan dan China memulai misi penyelamatan bersama menyusul insiden terbaliknya kapal nelayan di dekat Kepulauan Kinmen Taiwan. Misi penyelamatan itu untuk menemukan dua awak kapal yang hilang.

Pihak Taiwan melaporkan, kapal nelayan yang membawa enam orang itu tenggelam sekitar 1,07 mil laut barat daya pulau Dongding sekitar pukul 06.00 waktu setempat.

Menurut Aljazeera, dua orang dipastikan tewas, sementara dua orang selamat berhasil diselamatkan dari lokasi kejadian. Adapun dua lainnya menghilang.

Kawasan ini sensitif karena Kinmen terletak hanya 5 km atau 3 mil di lepas pantai timur China. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA