Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Australia Kirim Pasukan Militer ke Timur Tengah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 25 Oktober 2023, 12:40 WIB
Australia Kirim Pasukan Militer ke Timur Tengah
Pesawat Boeing C-17 milik Angkatan Udara Australia/Net
rmol news logo Australia telah mengerahkan dua pesawat militer dan sejumlah besar tentara ke Timur Tengah untuk melindungi warganya di tengah perang yang berkecamuk antara Israel dan Hamas.

Menteri Pertahanan Australia Richard Marles pada Rabu (25/10) mengatakan, pihaknya mengirim satu pesawat Boeing C-17 dan satu pesawat pengisi bahan bakar udara yang mampu mengangkut penumpang.

Dengan pengerahan ini, maka Australia menyiagakan tiga pesawat militer di kawasan tersebut. Tetapi mereka tidak disiagakan di Israel.

Namun, seperti dikutip Reuters, Marles tidak mengungkap jumlah tentara yang dikerahkan Australia ke Timur Tengah dan di mana pesawat dipangkalkan dengan alasan keamanan.

"Semua ini merupakan sebuah kemungkinan untuk mendukung populasi Australia yang berada di Timur Tengah. Ini adalah situasi yang sangat tidak stabil dan kita tidak tahu pasti ke arah mana situasi ini akan berlanjut," ujarnya.

Sejak konflik dimulai, pemerintah Australia telah melakukan penerbangan repatriasi bagi warganya yang terdampar di Israel. Mereka telah berusaha menyelamatkan 79 warga Australia dari Jalur Gaza yang dikepung Israel dan 51 orang dari Tepi Barat.

Marles menuturkan, warga Australia di Gaza harus berusaha bergerak menuju perbatasan Rafah dengan Mesir, pintu masuk dan keluar utama ke Gaza yang tidak mengarah ke Israel.

Ia juga mendesak warga Australia di Lebanon yang ingin meninggalkan negara itu untuk menggunakan semua opsi yang tersedia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA