Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dihadapan PM Jepang, Jokowi Ungkap ASEAN Butuh Investasi Infrastruktur Senilai Rp 2.815 Triliun per Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 06 September 2023, 12:19 WIB
Dihadapan PM Jepang, Jokowi Ungkap ASEAN Butuh Investasi Infrastruktur Senilai Rp 2.815 Triliun per Tahun
Potret pemimpin ASEAN dengan PM Jepang, Fumio Kishida jelang pembukaan KTT ke-26 ASEAN-Jepang di ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center pada Rabu, 6 September 2023/RMOL
rmol news logo Sebagai salah satu mitra ASEAN yang paling aktif, Jepang diharapkan dapat terus menjadi kontributor utama dalam mewujudkan kerja sama konkret dengan seluruh negara anggota ASEAN.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat membuka sesi rapat pleno KTT ke-26 ASEAN-Jepang pada Rabu (6/9), di ruang Cenderawasih, Jakarta Convention Center (JCC).

Dalam pemaparannya, Jokowi mengungkapkan bahwa ASEAN membutuhkan investasi infrastruktur senilai 184 miliar dolar atau senilai Rp 2.815 triliun per tahun.

"Untuk itu, ASEAN berharap Jepang dapat terus meningkatkan kontribusinya melalui ASEAN Infrastructure Fund, dan ASEAN Catalytic Green Finance Facility (ACGF) untuk mendukung konektivitas dan infrastruktur hijau," ujar Jokowi yang berbicara di hadapan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida.

Secara geografis, menurut Jokowi, Jepang dan ASEAN merupakan bagian dari Asia, di mana kedua belah pihak bersama-sama tumbuh dan bernaung.

Untuk itu, dalam KTT tersebut, Jokowi juga menyerukan kepada Jepang dan negara-negara ASEAN untuk menjaga kawasan tersebut, agar stabil, damai, dan sejahtera yang merupakan tanggung jawab besar bersama. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA