Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Xi Jinping dan Narendra Modi Sepakat Kurangi Ketegangan Sengketa di Perbatasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 25 Agustus 2023, 14:14 WIB
Xi Jinping dan Narendra Modi Sepakat Kurangi Ketegangan Sengketa di Perbatasan
Presiden China Xi Jinping, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, dan Perdana Menteri India Narendra Modi selama KTT BRICS/Net
rmol news logo Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri India Narendra Modi sepakat untuk menurunkan ketegangan di sepanjang perbatasan Garis Kontrol Aktual (LAC).

Kedua pemimpin membahas situasi perbatasan di sela-sela KTT BRICS di Johannesburg, Afrika Selatan pada Kamis (24/8).

"PM Modi dan Presiden Xi sepakat untuk mengerahkan pejabat terkait untuk mengintensifkan upaya pelepasan dan deeskalasi secara cepat," kata Menteri Luar Negeri India Vinay Kwatra, seperti dimuat Reuters.

Menurut Kwatra, Modi menyampaikan kepada Xi keprihatinan India terhadap permasalahan yang belum terselesaikan di sepanjang LAC.

Modi juga menggarisbawahi bahwa menjaga perdamaian dan ketenangan di wilayah perbatasan, serta mengamati dan menghormati LAC sangat penting untuk normalisasi hubungan India-China.

Ini adalah pertama kalinya Modi mengemukakan masalah ini secara langsung kepada Xi. Kedua pemimpin berinteraksi di sela-sela KTT G20 di Indonesia tahun lalu, namun hanya bertukar sapa dan membahas perlunya menstabilkan hubungan.

Hubungan antara dua negara bertetangga yang memiliki senjata nuklir itu memburuk selama lebih dari tiga tahun setelah tentara dari kedua belah pihak bentrok di perbatasan Himalaya pada Juni 2020, yang mengakibatkan 24 kematian.

Meskipun situasi di perbatasan sepanjang hampir 3.000 km telah tenang sejak saat itu, bentrokan terus berlanjut di beberapa wilayah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA