Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Laut Panas dan Kering, Pelayaran di Terusan Panama Tertunda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 22 Agustus 2023, 03:36 WIB
Laut Panas dan Kering, Pelayaran di Terusan Panama Tertunda
Kapal pengangkut di Terusan Panama/Net
rmol news logo Kekeringan ekstrim memaksa kapal Ever Max mengurangi muatannya dengan membongkar ratusan kontainer sebelum melakukan pelayaran perdananya di Terusan Panama bulan ini.

Ever Max, yang dimiliki oleh perusahaan pelayaran Taiwan Evergreen Marine, membawa barang seperti lampu lava, sofa, kostum Halloween, dan pohon Natal. Kondisi cuaca yang membahayakan membuatnya gagal mencetak rekor membawa peti kemas paling banyak melalui jalan pintas maritim penting yang menghubungkan samudra Pasifik dan Atlantik.

Otoritas Terusan Panama telah mengambil langkah-langkah untuk menghemat air, termasuk mengurangi berat maksimum kapal dan penyeberangan kapal setiap hari.

Perkembangan ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan pakar transportasi laut yang mengantisipasi kejadian seperti itu bisa menjadi norma baru. Latar belakang kekhawatiran ini adalah defisit curah hujan di negara terbasah kelima di dunia. Situasi ini menyoroti risiko iklim yang berdampak pada industri pelayaran laut, yang memfasilitasi 80 persen perdagangan global, menurut laporan Reuters pada Senin (21/8).

Pemilik kapal kini menghadapi beberapa pilihan. Mereka dapat mengurangi beban kargo, memilih rute alternatif yang dapat menambah ribuan mil perjalanan, atau bergulat dengan antrian yang baru-baru ini menyebabkan tumpukan 160 kapal, menyebabkan penundaan hingga 21 hari untuk beberapa kapal.

Pembatasan telah membuat harga pengiriman spot China-AS naik sebanyak 36 persen di tengah melonjaknya suhu laut yang diperingatkan oleh para ilmuwan iklim dapat meningkatkan cuaca ekstrem.

Drew Lerner, pendiri dan ahli meteorologi pertanian senior di World Weather, yang kliennya termasuk pedagang komoditas global, memperingatkan agar semua waspada karena cuaca yang buruk dan suhu melebihi norma.

Peter Sand, kepala analis di platform pembandingan tarif angkutan udara dan laut Xeneta, juga mengatakan hal yang sama. Ini membuat operator kanal berada di posisi yang sulit saat mereka bekerja untuk mengelola gangguan perdagangan maritim dan mempersiapkan apa yang akan menjadi periode yang lebih kering tahun depan, katanya.

Lebih dari 14.000 kapal melintasi terusan ini pada tahun 2022. Kapal kontainer adalah pengguna paling umum Terusan Panama dan mengangkut lebih dari 40 persen barang konsumen yang diperdagangkan antara Asia Timur Laut dan Pantai Timur AS.

Kapal curah yang mengangkut komoditas dari jagung ke bijih besi, serta kapal tanker yang mengangkut minyak, bahan bakar, gas, dan bahan kimia juga terpengaruh. Beberapa perusahaan energi mengalihkan rute kapal yang sarat dengan batu bara dan gas alam cair ke Terusan Suez.

Pola iklim El Nino yang terjadi secara alami terkait dengan air yang lebih hangat dari biasanya di tengah dan timur Samudra Pasifik tropis berkontribusi terhadap kekeringan di Panama.

Daerah di sekitar kanal mengalami salah satu dari dua tahun terkering dalam 143 tahun pencatatan negara itu, menurut data dari otoritas kanal dan Institut Penelitian Tropis Smithsonian (STRI). Pengukuran curah hujan di sekitar wilayah tersebut 30-50 persen di bawah normal.

Ketinggian air di Danau Gatun, waduk utama curah hujan yang mengapungkan kapal melalui sistem kunci Terusan Panama, tetap di bawah normal meskipun terakumulasi dari musim hujan saat ini.

Steven Paton dari STRI menyoroti bahwa potensi awal musim kemarau Panama dan suhu yang lebih tinggi dari rata-rata, karakteristik yang sering dikaitkan dengan peristiwa besar El NiƱo , dapat memperburuk penguapan dari Danau Gatun. Ini menghasilkan tingkat air yang hampir mencapai rekor terendah pada bulan Maret atau April 2024.

"Ini badai peristiwa yang sempurna," kata Paton, yang memantau pola hujan di negara Amerika Tengah itu selama lebih dari tiga dekade.

Frekuensi pola pengeringan utama El Nino telah meningkat secara signifikan selama 25 tahun terakhir dari 109 tahun sejarah kanal. Jika itu terus berlanjut, "akan semakin sulit bagi (Terusan Panama) untuk menjamin bahwa kapal-kapal terbesar dapat melewatinya," kata Paton. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA