Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selesaikan Perselisihan Ladang Gas, Teheran Kirim Undangan Khusus untuk Menlu Kuwait

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 04 Agustus 2023, 20:07 WIB
Selesaikan Perselisihan Ladang Gas, Teheran Kirim Undangan Khusus untuk Menlu Kuwait
Menteri Luar Negeri Kuwait, Sheikh Salem Abdullah Al-Jaber Al-Sabah, dan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir Abdollahian/Net
rmol news logo Dalam upaya mengatasi ketegangan yang meningkat di sekitar ladang gas lepas pantai Durra, Menteri Luar Negeri Iran mengirimkan undangan khusus kepada timpalannya dari Kuwait untuk bertemu di Teheran.

Hal ini terjadi setelah Arab Saudi dan Kuwait menyatakan klaim hak eksklusif atas lapangan tersebut, sementara Iran juga berpegang pada klaim sahamnya atas sumber daya tersebut dan menyatakan bahwa perjanjian antara Saudi-Kuwait untuk mengembangkannya adalah ilegal.

Mengutip New Arab, Jumat (4/8), kedua negara itu kembali menegaskan bahwa mereka bersama-sama memiliki hak atas sumber daya alam di ladang tersebut, dan mengajak Iran untuk terlibat dalam negosiasi tentang demarkasi perbatasan timur di wilayah maritim Teluk yang disebut "Area Terbagi".

Dalam menghadapi situasi ini, Menteri Luar Negeri Kuwait, Sheikh Salem Abdullah Al-Jaber Al-Sabah, dikabarkan telah menerima undangan resmi dari Menteri  Hossein Amir Abdollahian, ketika dia menyambut duta besar baru dari negara itu.

"Kedua negara itu akan membahas semua aspek hubungan Kuwait-Iran,"kata pihak berwenang Kuwait.

Dalam pertemuan itu kedua negara juga diharapkan untuk mencari jalan keluar yang saling menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat dalam perselisihan tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA