Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Polandia: Kepindahan Wagner ke Timur untuk Mengacaukan NATO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 03 Agustus 2023, 16:52 WIB
PM Polandia: Kepindahan Wagner ke Timur untuk Mengacaukan NATO
Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki/Net
rmol news logo Kepindahan tentara bayaran Grup Wagner ke Belarusia tampaknya menjadi skenario untuk mengacaukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di sayap timur.

Begitu yang disampaikan oleh Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki pada Kamis (3/8), setelah bertemu dengan Presiden Lithuania, Gitanas Nauseda di Polandia timur.

"Kita perlu menyadari bahwa jumlah provokasi akan meningkat. Kelompok Wagner sangat berbahaya dan mereka dipindahkan ke timur untuk mengacaukannya (NATO)," ujarnya, seperti dimuat Reuters.

Menurut Nauseda, jumlah tentara bayaran Wagner di Belarusia bisa mencapai lebih dari 4.000. Mereka juga sudah memulai pelatihan dengan tentara nasional Belarusia.

"Kita tidak hanya harus berbicara tentang langkah-langkah di tingkat nasional, tetapi juga apa yang harus dilakukan jika situasi ini menjadi lebih rumit, termasuk penutupan perbatasan dengan Belarusia," kata Nauseda.

Keberadaan tentara Wagner di Belarusia sendiri telah mendorong Polandia untuk memindahkan lebih dari 1.000 pasukannya lebih dekat ke perbatasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA