Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Luncurkan Serangan Udara di Kyiv Beberapa Jam Sebelum KTT NATO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 11 Juli 2023, 14:53 WIB
Rusia Luncurkan Serangan Udara di Kyiv Beberapa Jam Sebelum KTT NATO
Ledakan pesawat tak berawak terlihat di langit di atas kota Ukraina dalam serangan pesawat tak berawak Rusia pada 20 Juni 2023/Net
rmol news logo Rusia dilaporkan meluncurkan serangan udara ke Kyiv pada Selasa (11/7) dini hari waktu setempat, beberapa jam sebelum dimulainya KTT NATO di Vilnius, Lithuania.

Kepala administrasi militer Kyiv, Serhiy Popko, telah mengonfirmasi serangan tersebut dalam sebuah unggahannya di saluran Telegram.

“Musuh menyerang Kyiv dari udara untuk kedua kalinya bulan ini," ujarnya.

Menurut laporan awal, sistem pertahanan udara Ukraina berhasil menembak jatuh semua drone Shahed buatan Iran yang diluncurkan oleh Rusia sebelum mencapai sasaran yang dituju. Namun sampai saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban akibat serangan tersebut.

Berdasarkan laporan yang dimuat Al Arabiya, peringatan serangan udara telah terdengar di Kyiv selama satu jam dan lebih lama di wilayah lain di timur Ukraina.

Saksi-saksi di Kyiv juga melaporkan bahwa mereka mendengar suara ledakan yang kemungkinan merupakan suara sistem pertahanan udara yang tengah mencegat target selama serangan berlangsung.

KTT NATO yang diadakan di Vilnius, Lithuania yang dimulai pada Selasa ini akan fokus pada pembicaraan mengenai dampak invasi Rusia ke Ukraina.

Para pemimpin yang hadir di KTT tersebut bertujuan untuk menyepakati rencana komprehensif pertama NATO sejak berakhirnya Perang Dingin, untuk memperkuat pertahanan dan aliansi mereka dalam menghadapi serangan apa pun dari Moskow.

Sementara Rusia sendiri telah mengecam aliansi tersebut dan kekuatan utamanya, Amerika Serikat, atas dukungan mereka kepada Ukraina dan telah memperingatkan bahwa potensi keanggotaan Kyiv di NATO akan ditanggapi dengan reaksi yang jelas dan tegas dari mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA