Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kuba Tuding AS Sebar Kerusuhan selama Protes Nasional 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 11 Juli 2023, 11:36 WIB
Kuba Tuding AS Sebar Kerusuhan selama Protes Nasional 2021
Aksi protes di Kuba pada 11-12 Juli 2021/Net
rmol news logo Kuba menuduh pemerintah Amerika Serikat (AS) telah menjadi dalang di balik aksi protes yang mengguncang negara Karibia itu dua tahun yang lalu.

Tuduhan tersebut dimuat dalam surat kabar Granma yang dikelola Partai Komunis pada Senin (10/7), menjelang peringatan dua tahun aksi protes.

"Amerika Serikat bertanggung jawab langsung atas gangguan pada 11 hingga 12 Juli 2021," tulis surat kabar itu tanpa memberikan bukti.

Dalam laporannya, surat kabar itu menyebut AS telah mendanai dan menghasut orang-orang secara terbuka untuk melanggar hukum, seperti melakukan tindakan perampokan dan penyerangan selama aksi protes.

"Fitnah yang dipromosikan Gedung Putih, terkait kegiatan yang disponsorinya pada 2021, digunakan sebagai dalih untuk mempertahankan kebijakan tekanan maksimal terhadap Kuba," lanjut surat kabar itu, seperti dikutip Reuters.

Menurut Granma, kerusuhan itu dirancang oleh pemerintahan mantan Presiden Donald Trump dan diterapkan oleh pemerintahan Presiden Joe Biden.

Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri AS sejauh ini belum berkomentar atas tuduhan tersebut. Namun Washington telah menyatakan bahwa kerusuhan itu terjadi secara spontan dan menyangkal telah memprovokasi pengunjuk rasa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA