Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jerman akan Tolak Keanggotaan Ukraina selama KTT NATO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 09 Juli 2023, 13:56 WIB
Jerman akan Tolak Keanggotaan Ukraina selama KTT NATO
Bendera NATO/Net
rmol news logo Jerman tampaknya akan menolak keanggotaan Ukraina selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang akan digelar di Vilnius pada 11-12 Juli mendatang.

Alih-alih, Jerman akan fokus pada upaya untuk menjamin keamanan Ukraina demi menghindari risiko perang dengan Ukraina.

"Berlin tidak setuju dengan prospek menawarkan keanggotaan langsung," ujar seorang sumber kepada The Telegraph, seperti dikutip pada Minggu (9/7).

Sumber itu mengatakan, Jerman menginginkan proses dan waktu untuk mengembangkan jaminan keamanan, yang pada dasarnya memblokir keanggotaan.

Langkah itu diambil lantaran Jerman khawatir jika Presiden Rusia Vladimir Putin mencoba bermain-main dengan Pasal 5 NATO yang berpotensi menjadi perang antara NATO dan Moskow.

Sementara itu, Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Eropa saat ini sedang mengerjakan "Bucharest-plus", yaitu alternatif kerja sama keamanan, alih-alih menawarkan keanggotaan NATO.

Ukraina mengajukan keanggotaan jalur cepat di NATO pada September 2022 setelah dimulainya operasi militer Rusia pada Februari tahun yang sama.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dalam banyak kesempatan mengatakan bahwa blok itu mendukung aspirasi Kyiv tetapi belum siap untuk segera menyetujui penerapannya, terutama karena keterlibatan aktif Ukraina dalam konflik bersenjata. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA