Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Tetap Konsisten, Pembuangan Air Limbah Nuklir ke Laut oleh Jepang adalah Ilegal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 04 Juli 2023, 06:32 WIB
China Tetap Konsisten, Pembuangan Air Limbah Nuklir ke Laut oleh Jepang adalah Ilegal
Pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi di Prefektur Fukushima pada 17 Maret 2022.
rmol news logo Pemerintah China terus mendesak Jepang agar serius menanggapi keprihatinan komunitas internasional dan rakyatnya atas rencana pembuangan air limbah nuklir Fukushima ke laut.

Dalam pernyataannya pada Senin (3/7), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan Tokyo harus tunduk pada pengawasan internasional yang ketat. Ia juga mencatat, posisi China terkait pembuangan air yang terkontaminasi nuklir ke laut oleh Jepang, tetap konsisten, bahwa rencana tersebut tidak dapat dibenarkan dan ilegal.

"Saya telah memperhatikan beberapa laporan media internasional baru-baru ini bahwa Jepang telah memberikan pengaruh yang tidak pantas pada kesimpulan laporan akhir Badan Energi Atom Internasional (IAEA) tentang peninjauan rencana pembuangan air limbah nuklir Jepang, yang meningkatkan kekhawatiran dunia atas pembuangan air yang terkontaminasi nuklir oleh Jepang ke laut,” kata Wang, seperti dikutip dari CGTN, Selasa (4/7).

"Pemerintah Jepang memiliki tanggung jawab untuk memberikan penjelasan yang kredibel," tambahnya.

Wang menekankan bahwa IAEA harus menyajikan laporan tinjauan yang dapat bertahan dalam ujian sains dan sejarah alih-alih mendukung rencana pelepasan Jepang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA