Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Qin Gang Curhat ke Blinken Soal Hubungan Diplomatik China yang Sulit dengan AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 14 Juni 2023, 13:54 WIB
Qin Gang Curhat ke Blinken Soal Hubungan Diplomatik China yang Sulit dengan AS
Menteri Luar Negeri China, Qin Gang/Net
rmol news logo Ketegangan yang meningkat antara China dan Amerika Serikat telah mempersulit hubungan diplomatik kedua negara.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri China Qin Gang saat berbicara dengan rekannya dari AS, Antony Blinken, melalui sambungan telepon pada Rabu (14/6).

Qin mengutarakan bahwa hubungan kedua negara tidak baik-baik saja dan menghadapi sejumlah tantangan sejak kasus penembakan balon udara.

"Sejak awal tahun, hubungan China-Amerika telah menghadapi kesulitan dan tantangan baru,” kata Qin, seperti dimuat Arab News.

Menlu Qin juga mengungkapkan keinginan China untuk hidup berdampingan secara damai dengan AS.

"Sesuai dengan apa yang dikemukakan Presiden Xi Jinping, China ingin memiliki hubungan kerja sama yang saling menguntungkan dan saling menghormati," ujarnya.

Panggilan telepon kedua Menlu itu dilakukan menjelang kunjungan Blinken ke China yang dijadwalkan terjadi hari Minggu mendatang (18/6).

Kunjungan itu awalnya akan dilakukan Februari lalu. Namun Blinken membatalkan perjalanannya menyusul penemuan balon mata-mata China dan penembakan yang dilakukan AS, membuat hubungan kedua negara menjadi tegang.

Dalam beberapa tahun terakhir, ketegangan telah meningkat tajam antara AS dan China terutama terkait negara demokrasi Taiwan.

Namun, baru-baru ini kedua belah pihak nampak lebih akur, terutama ketika penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan dan diplomat top China Wang Yi menggelar pertemuan tertutup di Wina bulan lalu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA