Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Pemilu Turki, Pesaing Erdogan Tuduh Rusia Lakukan Kampanye Informasi Palsu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 12 Mei 2023, 19:57 WIB
Jelang Pemilu Turki, Pesaing Erdogan Tuduh Rusia Lakukan Kampanye Informasi Palsu
Pesaing utama petahana di pemilihan Turki 14 Mei mendatang, Kemal Kilicdaroglu/Net
rmol news logo Jelang pemilihan umum Turki, pesaing utama petahana, Kemal Kilicdaroglu mengeluarkan peringatan kepada Rusia yang dituduhnya melakukan kampanye informasi palsu di media sosial.

Pada Kamis malam (12/5), Kilicdaroglu menuduh negara mitra yang dekat Presiden Tayyip Erdogan, Rusia bertanggung jawab atas pembebasan montase, plot dan konten palsu yang tersebar di dalam negeri.

Melalui akun Twitter pribadinya, Kilicdaroglu mendesak Rusia berhenti melakukan hal tersebut, jika masih ingin menjalin hubungan dengan Turki setelah pemilu.

"Jika Anda ingin melanjutkan persahabatan kami setelah 15 Mei, tarik tangan Anda dari negara Turki. Kami masih mendukung kerja sama dan persahabatan," cuit Kilicdaroglu.

Dimuat The Jerusalem Post, menurut jajak pendapat terbaru, Kilicdaroglu unggul sedikit dari pemimpin lama Erdogan.

Kandidat presiden ketiga, Muharrem Ince, mengundurkan diri dari pencalonan pada Kamis (11/5), setelah menjadi sasaran kampanye fitnah online yang mencakup foto palsu dirinya bertemu perempuan dan berkeliling dengan mobil mewah.

Menjelang pemilihan presiden dan parlemen yang akan digelar 14 Mei mendatang, tokoh politik dari kedua kubu Erdogan dan Kilicdaroglu telah mengeluh tentang tuduhan online, termasuk posting video dan foto.

Sementara itu, Moskow dan Ankara memiliki hubungan dekat dan Rusia adalah pemasok energi terbesar Turki.

Presiden Vladimir Putin dan Erdogan sering mengadakan pembicaraan tentang berbagai masalah mulai dari energi hingga perang di Ukraina dan Suriah.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA