Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasukan Israel Kembali Serbu Masjid Al-Aqsa, Tujuh Orang Luka-luka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 05 April 2023, 10:39 WIB
Pasukan Israel Kembali Serbu Masjid Al-Aqsa, Tujuh Orang Luka-luka
Polisi Perbatasan Israel saat dikerahkan ke Masjid Al-Aqsa pada Rabu, 5 April 2023/AP
rmol news logo Polisi Israel kembali menyerang ratusan jamaah yang tengah beribadah di kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem pada Rabu dini hari (5/4) waktu setempat.

Berdasarkan laporan yang dimuat Al Jazeera, lusinan pasukan Israel itu menyerbu ruangan salat Al Qibli dengan menembakkan gas air mata serta granat kejut, yang sedikitnya melukai tujuh jamaah.

“Saya sedang duduk di kursi membaca (Al Quran). Mereka melempar granat kejut, salah satunya mengenai dada saya,” kata seorang wanita tua kepada Reuters sambil mulai menangis.

Selain itu, dalam rekaman video yang diunggah kantor berita Palestina, Shehab Agency, memperlihatkan bahwa pentungan dan senjata anti huru-hara juga digunakan oleh tentara Israel untuk memukuli para jamaah dengan kejam, sementara banyak jamaah berteriak minta tolong. Pasukan menyerbu dan menangkap mereka secara membabi buta.

Menurut Bulan Sabit Merah Palestina mereka mendapatkan banyak laporan korban luka, akan tetapi pasukan Israel sempat menghalang-halangi petugas medis untuk mencapai masjid itu.

Belum diketahui apa yang menjadi penyebab penyerbuan di masjid Al-Aqsa ini kembali dilakukan, akan tetapi polisi Israel berdalih mereka menggunakan kekerasan untuk mencari jamaah yang bersembunyi di masjid yang diduga membawa kembang api, batu, dan tongkat untuk menyerang mereka.

Klaim tersebut telah dibantah oleh Palestina, yang mengutuk serangan terbaru kali ini. Juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas Nabil Abu Rudeina mengatakan tindakan itu telah melampaui semua garis merah dan akan menyebabkan ledakan besar.

Kelompok militan Palestina Hamas juga telah menyerukan warganya di Tepi Barat untuk pergi secara massal ke masjid Al-Aqsa untuk menghadapi pasukan Israel yang telah melakukan kekerasan terbarunya yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pada akhir Maret, pasukan Tel Aviv juga melakukan penyerbuannya di Masjid Al-Aqsa yang telah mendapatkan kecaman keras dari masyarakat internasional, khususnya dari Arab Saudi yang mengutuk serangan selama bulan suci Ramadhan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA