Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taiwan Technical Mission Bantu Sulawesi Selatan Kembangkan UAV di Bidang Pertanian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 04 April 2023, 14:32 WIB
Taiwan Technical Mission Bantu Sulawesi Selatan Kembangkan UAV di Bidang Pertanian
Contoh penggunaan drone di lahan Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan untuk mengairi pertanian/Siaran Pers
rmol news logo Dalam langkah mengatasi kekurangan tenaga kerja di sektor pertanian, Taiwan Technical Mission (TTM) membantu Sulawesi Selatan untuk mengembangkan teknologi pesawat tanpa awak (UAV).

Bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas), TTM mempromosikan penggunaan UAV pertanian, untuk mengurangi dampak lingkungan dari bahan kimia.

Dalam acara demonstrasi yang juga dihadiri oleh personel sektor publik, audiens diajari tentang cara penggunaan perangkat lunak tambahan, seperti navigasi otomatis dan pemetaan medan, untuk membantu mereka memahami potensi UAV sebagai mesin pelindung tanaman.

Fokus dari penggunaan pesawat tak berawak yang dipromosikan ini dikhususkan untuk perlindungan tanaman, seperti penyemprotan pupuk dan pestisida menggunakan UAV.

Dalam penjelasannya, TTM mengatakan bahwa teknologi ini dapat menggantikan banyak tenaga kerja yang biasanya membutuhkan  banyak orang untuk pemupukan, dan penyiraman. Sehingga teknologi UAV akan menjawab masalah yang dialami desa-desa yang sering kekurangan tenaga kerja, khususnya di wilayah Gowa, yang menjadi tempat eksperimen TTM.

"Mengganti penyemprotan manual dengan UAV dapat menghemat lebih dari 80 persen biaya waktu dan mengurangi penggunaan air hingga lebih dari 90 persen. Ini tidak hanya membantu memecahkan masalah kekurangan tenaga kerja di daerah pedesaan, tetapi juga membantu mengurangi dampak lingkungan," ujar TTM, dalam pers rilis yang diterima Selasa (4/4).

Promosi pertanian cerdas ini lebih lanjut dijelaskan tidak hanya dapat bermanfaat untuk efisiensi waktu, dan tenaga kerja, melainkan juga untuk meningkatkan pendapatan para petani di generasi mendatang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA