Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Angkatan Laut Iran Usir Pesawat Pengintai AS di atas Wilayah Laut Oman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 03 April 2023, 14:07 WIB
Angkatan Laut Iran Usir Pesawat Pengintai AS di atas Wilayah Laut Oman
Ilustrasi/Net
rmol news logo Angkatan Laut Iran dilaporkan telah mengusir pesawat pengintai milik militer Amerika Serikat (AS), yang hendak memasuki wilayah udaranya di atas Laut Oman.

Klaim tersebut disampaikan Kantor Berita Tasnim, pada Minggu (2/4), dengan mengatakan bahwa militer telah memberi peringatan sebelum akhirnya pasukan AS menjauh dari perbatasan udara Teheran dan kembali ke rute internasional.

"EP-3E Angkatan Laut AS hendak memasuki wilayah udara Iran di atas Laut Oman ketika pasukan angkatan laut Iran memberi peringatan kepada pesawat dan memblokir percoban masuknya yang tidak sah," kata media tersebut.

Dimuat FOX News, Senin (3/4), belum ada konfirmasi langsung dari Departemen Pertahanan Washington atas klaim dari Teheran ini, akan tetapi percobaan memasuki teritorial Iran itu terjadi di tengah hubungan kedua negara yang sedang berada di titik terendahnya sepanjang masa.

Pada 2019 lalu, masalah serupa pernah terjadi antara Washington dan Teheran, yang membuat pasukan Iran meledakkan drone yang berkekuatan tinggi ke Angkatan Laut AS di atas Selat Hormuz, yang membuat tegang hubungan kedua negara.

Sementara baru-baru ini militer AS juga telah melakukan beberapa serangan udara presisi di Suriah, yang menewaskan delapan orang Iran yang berada di Damaskus, sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak yang dilakukan pasukan Iran di pangkalan koalisi yang menewaskan satu orang Amerika. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA