Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terkait Rasisme, Sepuluh Orang Termasuk Anggota Polisi AS Didakwa atas Kematian Narapidana Kulit Hitam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 17 Maret 2023, 14:26 WIB
Terkait Rasisme, Sepuluh Orang Termasuk Anggota Polisi AS Didakwa atas Kematian Narapidana Kulit Hitam
Irvo Otieno, narapidana yang diperlakukan kasar oleh petugas kepolisian dan petugas medis/Reuters
rmol news logo Sepuluh orang termasuk tujuh polisi dan tiga petugas medis didakwa pembunuhan tingkat dua, atas kematian narapidana kulit hitam di rumah sakit jiwa di Virginia, Amerika Serikat (AS).

Menurut keterangan Jaksa, hasil otopsi awal, Irvo Otieno, yang tewas pada 6 Maret kemarin, mengalami sesak napas saat ditahan, karena mendapatkan perlakuan buruk dari petugas kepolisian dan petugas medis.

Dimuat Al Arabiya pada Jumat (17/3), dalam rekaman video kematian Otieno yang ditunjukkan kepada keluarganya, korban terlihat diperlakukan kasar dengan kedua kakinya diborgol  oleh para petugas.

"Meskipun Otieno menderita penyakit mental, apa yang saya lihat hari ini sangat memilukan. Anak saya diperlakukan seperti anjing, lebih buruk dari anjing. Saya melihatnya dengan mata kepala sendiri, mereka membekap anak saya,” kata ibunya, Caroline Ouko, dalam konferensi pers.

Menurut Ben Crump, seorang pengacara terkenal di AS dan kuasa hukum keluarga Otieno, tiga petugas medis juga melakukan hal serupa kepada kliennya, sehingga membuat sepuluh orang itu kini mendapat dakwaan pembunuhan tingkat dua.

Saat ini, AS yang kerap kali bergejolak dengan rasisme, tengah memperhitungkan kebrutalan polisi dan rasismenya. Hal tersebut dipicu dari pembunuhan George Floyd pada 2020 lalu yang memicu protes besar-besaran di negara tersebut dan menjadi perhatian dunia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA