Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

141 Negara Dukung Resolusi PBB Dorong Rusia Tarik Pasukan dari Ukraina

LAPORAN: ADE HANAFIDIN*

Jumat, 24 Februari 2023, 18:34 WIB
141 Negara Dukung Resolusi PBB Dorong Rusia Tarik Pasukan dari Ukraina
Hasil pemungutan suara Resolusi PBB terkait perang Rusia dan Ukraina di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat pada Kamis, 23 Februari 2023/Net
rmol news logo Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) telah menyetujui resolusi yang menyerukan agar Rusia menarik pasukannya dari Ukraina.

Resolusi tersebut disusun oleh Ukraina setelah berkonsultasi dengan sekutu-sekutunya di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat (AS) pada Kamis malam (23/2). Resolusi lolos dengan suara 141 setuju, 7 menolak, dan 32 abstain.

Tujuh negara yang memberikan penolakannya adalah Rusia, Belarus, Suriah, Korea Utara, Eritrea, Nikaragua, dan Mali.

Resolusi ini muncul pada malam peringatan satu tahun Rusia melancarkan apa yang mereka sebut sebagai operasi militer khusus ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan pemungutan suara itu menjadi bukti bahwa tidak hanya Barat yang mendukung negaranya.

“Pemungutan suara ini menentang argumen bahwa dunia bagian selatan tidak berpihak pada Ukraina. Banyak negara yang mewakili Amerika Latin, Afrika, dan Asia memilih mendukung," ujar Kuleba, seperti dikutip Associated Press.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut  resolusi ini menandakan bahwa perang tidak hanya berdampak bagi Kyiv maupun Moskow, atau Eropa, melainkan seluruh dunia.

"Pemungutan suara menunjukkan bahwa setelah satu tahun perang dimulai, banyak negara di dunia terganggu dengan invasi Rusia, yang Presiden Vladimir Putin sebut sebagai operasi militer khusus," kata Zelensky. rmol news logo article

*Mahasiswa Hubungan Internasional UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA