Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dampak Banjir Belum Usai, Mozambik Harus Bersiap Hadapi Topan Freddy

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 17 Februari 2023, 16:44 WIB
Dampak Banjir Belum Usai, Mozambik Harus Bersiap Hadapi Topan Freddy
Peta Pergerakan Topan Freddy/Net
rmol news logo Bencana banjir selama sepekan terakhir masih menyisakan lelah dan kesengsaraan, tetapi warga Mozambik harus kembali bersiap dengan ancaman bencana lain, yaitu Topan Freddy yang diperkirakan sampai dalam beberapa hari mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh seorang pakar dari Institut Meteorologi Nasional Mozambik (INAM), Acacio Tembe, selama konferensi pers di Pusat Operasi Darurat Nasional di Maputo pada Kamis (16/2).

Menurut paparan Tembe, topan itu bergerak dengan kecepatan 27 km per jam menuju Madagaskar dan  akan sampai di pantai Mozambik dalam hitungan hari.

"Melihat pergerakannya, ada indikasi besar bahwa topan ini bisa mencapai pantai negara kita. Saat ini kami sedang memetakan wilayah yang bisa terkena dampaknya,” ujarnya, seperti dimuat Club of Mozambique.

Lebih jauh, Tembe memperkirakan kehadiran topan Freddy akan benar-benar terasa sekitar 24 Februari mendatang.

Merespon peringatan INAM, Administrasi Air Daerah Selatan (ARA-SUL) menyerukan evakuasi segera penduduk dari daerah berisiko di selatan negara itu.  Jika topan Freddy benar-benar datang, debit air dari bendungan di Maputo dan Gaza akan semakin meningkat dan memperparah bencana banjir.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Mozambik, Banjir akibat hujan lebat selama beberapa pekan pekan terakhir telah menyebabkan sembilan kematian dan berdampak pada 39.225 orang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA